Bea Cukai Pematang Siantar Musnahkan Rokok Ilegal dan Miras Senilai Rp 272 Juta

Pemusnahan berlangsung oleh pihak bea dan cukai p.siantar didepan kantornya (olo marbun/red)

Siasatkotanews – P.Siantar || Bea Cukai Pematang Siantar, Sumatera Utara melakukan pemusnahan barang ilegal hasil penindakan sepanjang 2018 hingga 2019. Selasa, 8 Oktober 2019.

Barang tersebut berupa ratusan ribu batang rokok dan ratusan liter minuman beralkohol yang diperkirakan nilainya Rp 272.101.000 dan potensi kerugian negara ditaksir mencapai Rp 218.098.368.

Kepala Kantor Bea Cukai Pematang Siantar, Muh. Gunawan Sani, menjelaskan pemusnahan dilakukan terhadap barang-barang hasil sitaan selama satu tahun terakhir setelah status barang ditetapkan sebagai barang milik negara (BMN), dan telah mendapatkan persetujuan pemusnahan sesuai dengan surat dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Utara.

“Barang-barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan sejak tahun 2018 hingga pertengahan 2019 yang telah menyelamatkan penerimaan negara dengan total kurang lebih Rp 218.000.000,” ujar Gunawan.

Adapun salah satu sumber penerimaan negara berupa anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) berasal dari sektor cukai yang dipungut oleh Instansi Bea Cukai dan pada akhirnya akan digunakan untuk pembangunan dalam negeri demi kesejahteraan masyarakat luas.

“Kita akan terus berusaha meningkatkan pengawasan terhadap barang ilegal yang dapat merugikan negara ini, sehingga masyarakat juga dapat merasakan hasilnya melalui pemanfaatan APBN untuk pembangunan fasilitas umum,” tutup Gunawan.

Beberapa perwakilan dari sejumlah instansi juga turut hadir dalam kegiatan ini sebagai bentuk sinergi elemen pemerintah dalam memberantas peredaran barang ilegal di Indonesia.

(Olo P Marbun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *