Agar Higienis, PDAM Tirta Uli Rutin Membubuhkan Kaporit

SN, Siantar | Dalam rangka menjaga dan meningkatkan sterilisasi debit air minum yang setiap hari dipergunakan dan dikonsumsi masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) Tirta Uli membubuhkan kaporit sesuai kadarnya setiap hari.

Hal itu dikatakan Direktur Utama ( Dirut) PDAM Tirta Uli, Ir. Zulkifli Lubis melalui kepala bagian (Kabag) Humas, Rosliana Sitanggang, SE, Rabu, (20/11/2019).

” Setiap hari pihak PDAM Tirta Uli melalui petugas yang membidanginya melakukan pembubuhah kaporit,” katanya.

Rosliana Sutanggang mengatakan tujuan daripada pembubuhan kaporit yang dilakukan untuk menjamin higienis dan menghindari bakteri dari debit air minum.

Dikatakannya sebelum pembubuhan kaforit dilaksanakan, petugas terkait terlebih dahulu melakukan pengawasan terhadap kadar kaporit air.

Ros menerangkan bahwa pada saat pengecekan tersebut, dirinya juga turut serta kelapangan mendampingi petugas melakukan pengecekan, seperti yang baru saja terlaksana pada hari Senin, tanggal 18 Nopember kemarin, di jalan bangau, kecamatan Siantar Barat.

Dia menjelaskan pihaknya mengunjungi rumah – rumah warga pelanggan PDAM hingga sampai ke kantor camat Siantar Barat. Dan pada saat pemeriksaan kerumah beberapa warga seperti Zulfikar Lubis dan Ibu Sufiah ditemukan kadar sisa klornya 0,12 mg/liter.

Pada saat berbincang dengan warga, sambung Ros, pelanggan itu mengaku tidak pernah merasakan sakit perut maupun gatal – gatal setelah menggunakan air minum. “Hal itu menandakan bahwa campuran kadar kaporit yang dicampurkan petugas sudah sesuai,” jelasnya.

Diterangkannya, pendampingan yang dilakukannya untuk memastikan pelaksanaan pembubuhan kaporit terlaksana dengan baik. “Air minum itu kan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bang. Dan apabila terjadi kesilapan bisa mengakibatkan penyakit terhadap warga yang mengkonsumsi. Oleh karenanya kami harus ekstra hati – hati,” terangnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *