DLH Deliserdang Tak Berdaya, CV Anugerah Tetap Melakukan Pencemaran Udara

Siasatnusantara.com-PERCUT SEITUAN || Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Deliserdang tak berdaya melihat sikap CV Anugerah yang terus membandel. Selain mengeluarkan polusi di udara pabrik peleburan logam itu juga membuang limbahnya ke parit masyarakat di kawasan Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Seituan, Jumat (8/11/2019).

Malahan warga sekitar pabrik sangking tak tahannya, telah melakukan berkali-kali demo akibat polusi udara dan limbah cair yang dikeluarkan pabrik peleburan logam timah tersebut.

Dan bukan itu saja selain mendemo, warga pun telah melakukan RDP (rapat dengar pendapat) bersama Komisi C DPRD Deliserdang. Namun pemilik perusahaan yang bernama Asun tetap saja membandel dan terus menjalankan usahanya.

Kades Bandar Setia, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Sugianto sangat kecewa dengan sikap pengusaha yang terkesan arogan dan tak menghargai warga sekitar. Padahal lokasi CV Anugerah yang mengelola peleburan logam jaraknya sangat dekat dengan lokasi pemukiman warga yang padat penduduknya.

Dalam rapat RDP bulan Januari tahun lalu, Panit Intel Polsek Percut, Iptu Siswoyo menyampaikan pendapatnya kalau pabrik bakal berpotensi membuat persoalan yang sangat besar.

“Karena memang asap pabrik peleburan logam timah menimbulkan bau yang menyengat serta sesak napas” katanya.

Penelusuran awak mediasi, CV Anugerah tak memiliki izin UPL -UKL (upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup), hanya dalam menjalankan usahanya pihak pengusaha mengandalkan rekomendasi surat usaha dari desa setempat.

Konfirmasi awak media kepada Kepala DLH Deliserdang, Artini Marpaung tak membuahkan hasil. (Sigit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *