Liberty Panjaitan Menjadi Calon Walkot Pematang Siantar, Begini Pandangan Pengamat Politik

SN – P. Siantar || Mantan kapolres Kabupaten simalungun, Akbp Liberty Panjaitan, menyatakan keseriusannya untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota pematang Siantar pada Pilkada Pematang Siantar 2020 mendatang.

Selain sosok Liberty, PDIP dan Partai Golkar pun dikabarkan telah mendekati nya dan meminangnya, namun belum diketahui siapa pinangannya sebagai wakilnya di Pilkada 2020.

Melihat fenomena ini, pengamat politik dari masyarakyat yang ada di pematang siantar ini menilai liberty panjaitan memang akan unggul dalam segi popularitas yang membuat dirinya berpeluang untuk meraih suara terbanyak.

Namun, mereka berpendapat popularitas saja tak bisa menjamin sepenuhnya untuk menang dalam Pilkada.

“Kalau lihat survei di beberapa tempat, Liberty panjaitan memang unggul dalam kontek popularitas tapi belum tentu dalam aspek aksestabilitas dan elektabilitas. Popularitas tidak menjamin seseorang akan diterima,” ujarnya saat dihubungi Siasatnusantara.com, Senin (25/11/2019).

Dilihat dari struktur masyarakat Pematang siantar, menurut Ginis Siahaan, Liberty Panjaitan masuk dalam kategori kelas elite yang akan menjaring perhatian publik yang luas.

Oleh karena itu, hadirnya sosok tersebut bisa saja dianggap sebagai sosok hiburan dan hal yang luar biasa.

Dari konteks legacy, Ginis siahaan juga menilai calon yang telah dipinang oleh PDIP dan Golkar saat ini, Liberty Panjaitan, cenderung lebih unggul karena dia memiliki pengalaman empiris untuk menata kota Pematang Siantar karena Sudah beberapa kali menjabat sebagai kapolres dengan hasil yang baik.

“Kalau dari aspek pemilih milenial, mungkin cara komunikasi Liberty Panjaitan sudah sangat baik dan dirinya berani meninggalkan kapolresnya demi perbaikan kampungnya. Namun, bagi golongan yang masih menganut politik gaya lama, tentu kurang menerima Liberty,” katanya lagi.

Milenial
Sementara itu, pengamat politik lainnya, Baringin Siahaan juga mengatakan Liberty panjaitan sedang melakukan satu misi “revolusi milenial. Oleh karena itu, ia akan dengan mudah meraih dukungan dari kaum muda di Pematang Siantar.

Secara popularitas dirinya meyakini Liberty Panjaitan memang memiliki keunggulan. 

Namun, Baringin Siahaan yang menjabat Penasehat Ormas di Pematang Siantar ini berpendapat jika Liberty Panjaitan tetap harus bisa menyakinkan ujung tombak PDIP dengan melihat basis partai berlambang banteng itu sangat kuat di kota Pematang Siantar.

“Liberty Panjaitan harus bisa menyakinkan ketua umum Megawati bahwa semangat untuk membangun kota Pematang Siantar oleh kaum muda itu penting,” tambahnya.

Di sisi lain, dirinya menilai banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh ketua umum Megawati untuk memilih Liberty Panjaitan maju dalam Pilkada Pematang Siantar.

“Yang diperhitungkan oleh Ketua Umum PDIP bukan hanya Pilkada tapi juga pemilihan legislatif. Di Pematang Siantar mayoritasnya sudah diduduki PDIP di DPRD, jika terjadi perpecahan, suara PDIP akan rusak di kota Pematang Siantar,” papar dia.

Oleh karena itu, Baringin Siahaan ini menilai peluang Liberty Panjaitan dari struktural PDIP Sudah kuat dibandingkan dengan calon calon lain yang ada. (misno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *