Banjir Bercampur Lumpur Kembali Menerjang Sitio-tio Samosir

SN,SAMOSIR | Material lumpur akibat banjir dan longsor merusak pelabuhan di Desa Holbung, Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir, Senin (9/12/2019).

Warga setempat Jakkob Siringo-ringo mengatakan, banjir tersebut terjadi pada Minggu Malam, sekitar Pukul 10.00 WIB.

“Semalam sore hujan deras dan malamnya pukul 22.00 WIB tiba-tiba air melewati volume dan keluar dari sungai menerjang perkampungan,” ujarnya.

Akses jalan penghubung antara Kecamatan Sitio-tio pun lumpuh karena jalan tertutupi material lumpur, kayu yang terbawa banjir.

Akibat banjir tersebut diakuinya tidak ada korban jiwa, namun sebagian warga mengungsi ke tempat yang dirasa paling aman berlindung.

Seperti terpantau, batu bercampur lumpur mengotori perkampungan setelah sungai tidak mampu membendung luapan air hujan yang Jembatan pun ada yang tertutup material dan dermaga di pelabuhan tepatnya di depan kepala desa hancur.

Kata Jakkob, sampai hari ini sejumlah warga masih mengungsi.

Sejauh ini, disebutnya tidak ada korban jiwa, namun ladang dan rumah warga ada yang rusak.

“Secara materi, kerugian kita belum tau. Yang terpenting selamat dan tak ada korban jiwa. Semoga Pemkab ceat dapat mengatasi persoalan ini, “ujar Jakkob.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir Mahler Tamba, terkait kejadian itu mengaku telah mengetahuinya.

Mahler menyebut, saat ini sudah menurunkan anggotanya. (SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *