Kejari Tobasa Musnahkan Barang Bukti Dari Ratusan Perkara

SN – Balige || Kejaksaan Negeri Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) memusnahkan barang bukti dari ratusan perkara yang telah berkekuatan hukum tetap terhitung sejak tahun 2017 sampai 2019 disaksikan ketua Pengadilan Negeri Balige, Kepolisian, pengacara, Badan POM, pemkab Tobasa melalui dinas kesehatan, di depan kantor Kejari, Balige, Rabu (11/12/2019).

Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan berupa narkotika jenis shabu 155,23 gram, ganja 2.792,431 Kg, ekstasi 50 butir dan barang bukti lainnya seperti handphone, parang, linggis, pisau dan garpu.

Robinson Sitorus SH, Kepala Kejaksaan Negeri Tobasa mengatakan, pemusnahan barang bukti itu merupakan hasil vonis dari pengadilan negeri Balige yang sudah berkekuatan hukum tetap atau sudah inkrah.

“Ini merupakan amanat dan perintah undang-undang bahwa barang bukti dari perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap harus dimusnahkan,” ujar Robinson.

Dalam perkara tersebut, lanjutnya kejaksaan Tobasa memusnahkan barang bukti yang terhimpun dalam 138 perkara dengan cara dibakar, dipotong dengan menggunakan gergaji besi dan diblender, supaya barang bukti tersebut tidak dapat lagi dipergunakan serta menghindari penumpukan barang bukti di kejaksaan serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan hilangnya barang bukti tersebut.(Jaya)

Ket Photo :
Kajari Tobasa Robinson Sitorus bersama ketua PN Balige, Kepolisian, pengacara, Badan POM memusnahkan barang bukti dari ratusan perkara, di depan kantor Kejari Tobasa, Rabu (11/12/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *