KPU Tobasa Gelar Sosialisasi Tahapan Program dan Jadwal untuk pilkada 2020

Balige, (SN) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyelenggarakan sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Tobasa tahun 2020, di aula SMK Negeri 1, Balige, Senin (9/12).

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi agar calon pemilih yang berasal dari kelompok FKPD, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, pers, ormas, camat, kepala desa atau lurah yang mengikuti kegiatan mengetahui tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilbup dan pilwabup Kabupaten Tobasa tahun 2020.

“Kiranya pada hari ini kita akan tahu betul tahapan dan jadwal, dengan harapan tidak ada multi tafsir masyarakat terhadap calon perseorangan mengantisipasi gugatan dengan berbagai alasan”, terang Ketua KPU Tobasa Henri MH Pardosi.

Pengawasan dari masyarakat, lanjut Hendri, sangat diharapkan demi kelancaran dan kesuksesan Pilkada nantinya, sehingga diharapkan kegiatan sosialisasi saat itu dapat disebarkan kepada masyarakat luas, khususnya Kecamatan Balige dan Tampahan.

Komisioner KPU divisi teknis penyelenggara, Rantu Pasaribu, menyampaikan materi tentang jumlah syarat dukungan calon perseorangan bupati dan wakil bupati pada pemilihan tahun 2020.

Dengan jumlah penduduk yang termuat dalam DPT terakhir, lanjutnya, jika terdapat 250 ribu jiwa maka dukungan sebesar 10 persen. 250 ribu s/d 500 ribu jiwa dukungan sebesar 8,5 persen. Jumlah dukungan, disebutkan harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan.

“Persyaratan calon perseorangan harus mengumpulkan photo copy KTP elektronik dan langsung ditempel ke syarat dukungan.
DPT kita sebesar 126.000 jiwa maka harus mengumpulkan 10 persen sebagai syarat minimum dukungan. Sesudah terpenuhi, dia juga harus tersebar dari 50 persen jumlah kecamatan, atau lebih dari 9 kecamatan untuk Kabupaten Tobasa”, terangnya.

Materi tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan mengawali pemaparan, selanjutnya pemateri lainnya, Romasta Simanjuntak, Kabid pendaftaran penduduk Disdukcapil Tobasa, menyampaikan materi tentang pelayanan pendaftaran penduduk dan proses mendapatkan akses dan pemanfaatan data kependudukan.

Acara juga di isi dengan pertanyaan dari peserta sosialisasi yang dipandu oleh anggota KPU Sahat Sibarani.

Sosialisasi diikuti oleh sejumlah unsur Forkopimda, Parpol, Bawaslu, Tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Ormas dan LSM serta perwakilan 25 desa. (fr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *