Ambulance Rumah Sakit Umum Daerah Parapat Gratis

siasatnusantara.com || Jumat,3 Januari 2020

SN – PARAPAT || Masyarakat di kabupaten Simalungun Sumatera Utara khususnya sekitar kota pariwisata Parapat dapat menikmati fasilitas Ambulance gratis bagi warga Parapat dan sekitarnya untuk menggunakan ambulans milik Rumah Sakit Umum Daerah Parapat.

Seperti yang diutarakan oleh Lentina Marpaung, S.Kep selaku kasubag TU RSUD Parapat kepada awak media ini bahwa masyarakat dapat memakai ambulance gratis jika merasa tidak sanggup lagi untuk datang sendiri ke rumah sakit umum daerah Parapat.

“di rumah sakit ini ada ambulans yang selalu standby untuk menjemput masyarakat bagi yang membutuhkan dan tidak ada biaya untuk ambulans, tidak dikenakan biaya sama sekali kepada masyarakat yang menggunakan ambulans namun jika masyarakat memberi uang kepada sopir sopir nya pun tidak menolak namun tidak dipaksa” tuturnya menjawab pertanyaan wartawan pada Jumat pagi 3 Januari 2020.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari rumah sakit umum daerah Parapat bahwa setiap masyarakat bisa menggunakan Ambulance untuk keperluan antara lain:

  1. Mengantar jenazah yang meninggal di rumah sakit umum daerah Parapat ke tempat keluarganya dengan tidak dipungut biaya alias gratis
  2. Membawa pasien rujukan ke rumah sakit tujuan yang dirujuk oleh dokter artinya masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk menyewa ambulans dari luar sebab ambulans rumah sakit umum daerah Parapat sudah ada fasilitas yang disediakan.
  3. menjemput pasien yang berada di rumah yang tidak bisa lagi berjalan untuk mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah Parapat maka ambulance akan dikirimkan untuk menjemput pasien ke rumah agar pasien dapat sampai ke rumah sakit umum daerah Parapat.

lentina mengatakan Ada juga peraturan direktur rumah sakit umum daerah Parapat membebankan biaya formalin jika masyarakat ingin jenazah di suntik formalin namun Lentina Marpaung tidak mengetahui besaran biaya dikenakan kepada keluarga pasien jika ingin di suntik formalin untuk pengawetan jenazah.

Rumah sakit umum daerah Parapat juga menyediakan jasa sewa ambulance bagi masyarakat lain (bukan pasien rumah sakit umum daerah Parapat) yang ingin menggunakan ambulans milik rumah sakit umum daerah Parapat namun dikenakan biaya per km.

Saat ditanya berapa biaya per km nya Lentina Marpaung mengaku lupa “saya lupa berapa biaya per km untuk memakai ambulans ini pak, karena bukan saya yang menangani ada khusus orangnya yang menangani namun hari ini dia permisi untuk bertahun baru.” Ujarnya menutup pembicaraan.

Apabila ada Masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas ambulans dari rumah sakit umum daerah Parapat cukup datang ke rumah sakit dan menyampaikan permohonannya langsung ke rumah sakit.

“Jika warga Parapat yang sakit tidak dapat lagi datang sendiri ke rumah sakit ingin memakai ambulance gratis cukup datang aja langsung ke rumah sakit umum ini selanjutnya ambulans akan menjemput pasien ke rumah untuk dibawa ke rumah sakit ini. Prosesnya simpel dan tidak berbelit-belit ” ujarnya menambahkan.

Tambahan lain bahwa Rumah Sakit Umum daerah Parapat memiliki seorang dokter umum yang selalu standby di rumah sakit untuk melayani para pasien (Berthon.s/tim.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *