Anggota LSM meliput pembuangan limbah ilegal “disetrum” melapor ke Polres Langkat.

Siasat nusantara.com – Langkat ||12 Januari 2020 Seorang anggota LSM dari Laskar Macan Asia atau (LMA) bernama “Rusli” mendapat mendapatkan perlakuan kekerasan fisik berat berupa setrum listrik karena melakukan peliputan terkait dengan pencemaran lingkungan yakni pembuangan limbah industri ke saluran air drainase milik pemerintah pada 08 Januari 2020 sekitar pukul 11.30 WIB tepatnya di dusun 3 desa Jatisari Kecamatan Padang Tualang kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Awalnya Rusli sedang mengambil dokumen berupa video terkait dengan pembuangan limbah secara ilegal oleh pabrik di wilayah dusun 3 desa Jatisari Kecamatan Padang tualang kabupaten Langkat Sumatera Utara, tiba-tiba didatangi orang tak dikenal dan tanpa basa-basi langsung mengucapkan kata-kata intimidasi.

” Kau siapa kenapa masuk kemari, ini wilayah ku nggak boleh sembarangan masuk, permisi kau ” demikian ucapan orang tersebut yang sempat terekam oleh video.

Lalu Rusli menjawab pertanyaan dari orang tak dikenal tersebut bahwa dia merupakan anggota lembaga swadaya masyarakat yang sedang melakukan peliputan. ” Aku LSM, ini wilayah ku ,”

Selanjutnya OTK tersebut menjawab sambil mengancam akan melakukan tindakan penyetruman kepada tubuh Rusli ” aku nggak peduli mau LSM.. ini wilayah ku… aku pengawasnya kau harus permisi, perlu…. Perlu….. Perlu….(dibarengi bunyi alat setrum listrik )

Kemudian OTK tersebut mengusir Rusli untuk segera meninggalkan wilayah pabrik yang diduga ilegal tersebut.

Takut terjadi tindakan kriminal yang lebih parah Rusli bergegas meninggalkan wilayah pabrik. Selanjutnya korban ” Rusli ” sekitar pukul 20.45 WIB membuat laporan ke polres Langkat dan langsung melakukan visum.

Kasat Reskrim polres Langkat saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp pada minggu 12 Januari 2020 membenarkan adanya laporan tersebut dan menyebutkan bahwa pelaku sedang dalam pengejaran.

Rusli mengharapkan tindakan cepat pihak polres Langkat untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku penyetruman “mudah-mudahan pelakunya cepat ditangkap bang supaya tidak mengulangi perbuatannya lagi ” ujarnya kepada awak media melalui sambungan telepon pada minggu 12 Januari 2020 pagi.

Berdasarkan video yang didapat wartawan sempat terekam wajah pelaku penyetruman di mana dalam video tersebut pelaku berperawakan sangar dan berkulit gelap. (S P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *