Uang sekolah di SMA Negeri 21 Medan Rp 90.000,- ” LSM LIRA akan buka mata”

Siasat nusantara.com – Medan || 24 Januari 2020 Siswa/siswi SMA Negeri 21 Medan yang berada di jalan selambo ujung kecamatan Medan Denai kota Medan Sumatera Utara dipatok uang sekolah sebesar Rp 90.000,- /siswa per bulan.

Orang tua siswa berinisial “SS” mengungkapkan bahwa dia membayar uang sekolah Putri nya sebesar Rp 90.000,- setiap bulan selain uang LKS.

“Aku selalu bayar uang anakku sekolah tiap bulan Rp 90.000,- selain uang LKS” ujarnya kepada awak media pada senin 20 Januari 2020.

Saat awak media mendatangi SMA Negeri 21 Medan Rabu pagi (22-01- 2020) kepala sekolah tidak berada ditempat, tim awak media diterima oleh seseorang yang mengaku sebagai pejabat humas SMA Negeri 21 Medan bernama Dian Sinaga.

Dian membenarkan adanya uang sekolah di SMA negeri 21 Medan sebesar Rp 90.000,- per siswa per bulan dan digunakan untuk membayar gaji guru honorer dan pegawai sekolah yang tidak digaji oleh pemerintah serta kegiatan-kegiatan lain seperti renang, Natal, dan lain-lain.

Namun kebijakan tersebut menurutnya bukanlah ide dari kepala sekolah melainkan kebijakan dari komite sekolah.

Awak media tidak dapat menemui Komite sekolah saat diminta agar mempertemukan para awak media yang datang ke sekolah untuk wawancara.

“Hari ini nggak ada komite sekolah di sini. kalau mau ketemu aturlah waktu kapan, kalau enggak sini nomor telepon bapak biar bisa kami telepon” ujarnya kepada awak media saat tim berusaha meminta nomor telepon pengurus komite sekolah.

sang humas menyebut bahwa uang tersebut dikumpulkan oleh salah seorang guru yang diangkat sebagai wakil bendahara yang bernama “Indriati” yang disuruh oleh bendahara komite sekolah berdasarkan surat pengangkatan sebagai wakil bendahara.

di tempat berbeda camat LIRA Medan Denai Fachurrozy Nasution mengaku akan membuka mata terkait adanya informasi uang sekolah SMA negeri 21 Medan yang berjumlah Rp 90.000,- tersebut.

“saya baru tahu ini adanya uang sekolah di SMA negeri 21 Medan, saya selaku camat LIRA Medan Denai akan mempelajari legal formil dari pungutan tersebut, kami akan buka mata kami” ujarnya kepada awak media melalui sambungan telepon pada Jumat pagi 24 Januari 2020.

“sepengetahuan saya komite sekolah tidak boleh melakukan pungutan yang dipatok kepada para murid, yang diperbolehkan dalam undang-undang yaitu menampung sumbangan secara sukarela dari masyarakat. karena sudah jelas aturannya tertuang di undang-undang nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah, ini akan saya pelajari terlebih dahulu informasi dari kalian wartawan, apabila nanti kami temukan pelanggaran terhadap undang-undang tersebut maka kami secara lembaga akan menggugat para pihak” sambungnya.

Rozy (panggilan akrab) menyebut Pasal 10, dalam PERMENDIKBUD REPUBLIK INDONESIA NOMOR 75 TAHUN 2016 tentang KOMITE SEKOLAH sudah jelas diatur yang mana isinya :

Ayat (1) “Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan”

Ayat (2) “Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk bantuan dan/atau sumbangan, bukan pungutan”.

Dia juga mengingatkan bahwa guru tidak boleh terlibat dalam kepengurusan komite sekolah dimana tertuang di dalam pasal 4 ayat 3a yang berbunyi :
Ayat (3) : Anggota Komite Sekolah tidak dapat berasal dari unsur:

a. pendidik dan tenaga kependidikan dari Sekolah yang bersangkutan;
b. penyelenggara Sekolah yang bersangkutan;
c. pemerintah desa;
d. forum koordinasi pimpinan kecamatan;
e. forum koordinasi pimpinan daerah;
f. anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; dan/atau
g. pejabat pemerintah/pemerintah daerah yang membidangi pendidikan.

Lanjutnya LSM LIRA secara lembaga akan berkunjung ke SMA negeri 21 Medan untuk memastikan kebenaran informasi tersebut dan akan berusaha berkoordinasi dengan walikota LIRA Medan.

Hingga berita ini diturunkan Tim awak media masih berusaha mengkonfirmasi kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. (BERTHON.Siregar/ TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *