Korwil DisDik Jorlang Hataran Tidak Tahu Menahu Terkait SD Penerima BOS Afirmasi

SN, Simalungun | Pelaksanaan pendistribusian Bantuan Operasional Siswa (BOS) Afirmasi dengan kategori daerah tertinggal tidak melibatkan pihak kordinator wilayah ( Korwil) Dinas Pendidikan ( Disdik) kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Hal itu disampaikan M. Simanungkalit selaku korwil DisDik kecamatan Jorlang hataran saat ditemui dikantornya baru baru ini.

Ungkapan ini disampaikannya saat media siasat nusantara mempertanyakan penetapan Sekolah Dasar (SD) yang menerima BOS Afirmasi yang terkesan diskriminasi.

Korwil mengatakan penetapan SD yang memeroleh bantuan tersebut bukanlah ranah mereka melainkan urusan pemerintah pusat. Namun dirinya tidak memberi jawaban Ketika ditanya kapan jadwal pemerintah pusat melakukan survei ke sekolah- sekolah.

Dikatakannya bantuan yang berupa barang elektronik seperti komputer, leptop, tablet, infokus, dan lain – lain itu langsung diantar kesekolah dan tidak singgah di kantor korwil.
” Barang itu langsung diantar kesekolah sekolah yang menerima bantuan”, ujarnya.

Akan tetapi keterangan Korwil Disdik Jorlang Hataran berbeda dengan keterangan dari Tim pengusaha yang berinisial RL yang menerima surat pesanan barang dari para kepala sekolah.

RL saat ditemui di Balata, Rabu (12/2/2020), Menerangkan bahwa barang barang elektronik yang didistribusikan pihaknya sesuai dengan pesanan para Kasek yang menerima BOS Afirmasi, dan terlebih dahulu dibawa ke kantor korwil.

Dan hal itu sesuai dengan keinginan daripada Korwil Disdik Jorlang Hataran. ” Barang pesanan terlebih dahulu dibawa ke kantor korwil pada hari Jumat, (31/1/2020) kemarin dari sekira jam 10.00 wib s/d 13.00 wib,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebanyak 7 ( tujuh) SD di kecamatan Jorlang hataran yang menerima BOS Afirmasi kategori daerah tertinggal dinilai tidak tepat sasaran dan diskriminasi.

Adapun ke 7 (tujuh) SD tersebut, antara lain; SD 09148 Afd 4 bah birong ulu, SD 096465 Bah bunian, SD 091484 Jorlang, SD 091481 Kasindir, SD 091485 Panombean balata, SD 095190 pardomuan, SD 091491 Afd 3 Bah birong ulu.

Menurut beberapa warga setempat, ketujuh SD penerima bantuan itu belum layak disebutkan daerah tertinggal jika dibandingkan dengan SD yang tidak memeroleh bantuan namun dinilai masih lebih terpencil dan terpelosok. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *