Menag Kenang Gus Sholah Sebagai Tokoh Semua Agama

Siasatnusantara.com – Jakarta || Selasa 4 Februari 2020 05:49 WIB Jakarta (Kemenag) — Masyarakat Indonesia kembali berduka dengan berita wafatnya Pengasuh Pondok
Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid, pada Minggu (02/02). Menteri Agama Fachrul Razi mengenang sosok Gus Sholah sebagai tokoh bagi semua agama.

Hal ini disampaikan Menag pagi ini saat bertakziah ke rumah duka, Jalan Bangka Raya, Jakarta Selatan. “Ya kita kehilangan seorang tokoh nasional, tokoh agama yang luar biasa. Bukan hanya untuk agama Islam, tapi untuk semua agama juga,” kata Menag Fachrul Razi, Senin (03/02).

Selama ini Menag melihat sosok adik dari KH Abdurrahman Wahid sebagai pribadi yang baik. Momen pemilihan presiden beberapa tahun lalu, menjadi tempat Menag mengenal lebih dalam sosok Gus Sholah. Kala itu, Gus Sholah merupakan calon wakil presiden berpasangan dengan Wiranto.

“Kesan saya waktu saya sama-sama dengan beliau waktu Pilpres beberapa tahun yang lalu. Beliau kan calon wakil presidennya Pak Wiranto ya. Saya pada saat itu kumpul cukup lama, tahu sekali bagaimana hatinya, baiknya beliau itu,” ujar Menag.

Ia menyebut Gus Sholah selalu menyampaikan hal-hal yang menyejukkan. Almarhum menurut Menag, tidak pernah menyinggung siapa pun.

“Beliau selalu menyampaikan pesan-pesan yang sejuk, tidak pernah menyinggung perasaan orang lain,” tuturnya.

Menag berharap hal ini dapat diteladani oleh banyak orang. “Dan mudah-mudahan harapan kita ke depan kita dapat lagi tokoh-tokoh seperti beliau ini ya,” harap Menag yang hadir didampingi Sekretaris Jenderal Kemenag M.Nur Kholis Setiawan dan Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab.

Berita berpulangnya Gus Sholah pertama kali muncul dari akun twitter sang putra Irfan Wahid lewat akunnya @ipangwahid, pada Selasa (02/02) pukul 21.16 WIB.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55.
Mohon dimaafkan seluruh kesalahan.
Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu…” cuit Irfan.

Selanjutnya, masih lewat akunnya, Irfan Wahid menyampaikan, Gus Sholah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebu Ireng pada pukul 16.00 WIB sore ini.

Berikut Run Down Pemakaman Gus Sholah seperti dikutip dari akun twitter @ipangwahid:

Run Down Pemakaman Gus Sholah

08.30 : Jenazah berangkat dari rumah duka di jl Bangka Raya 2C menuju ke HLP

10.00 : Take off dgn Batik Air (special flight)

12.00 : Menuju Ponpes Tebuireng

14.00 : Disemayamkan di Masjid Ponpes

16.00 : Pemakaman

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *