Deteksi Perkembangan ODP dan PDP, Pemerintah kabupaten Bengkalis Siapkan 2.000 Unit Rapid Test

Plh Bupati Bengkalis ikut Vedio Conference
bersama Gubernur Riau

Siasatnusantara.com ,BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bakal punya 2.000 lebih alat tes cepat (rapid test) Covid-19 yang akan digunakan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP)  dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Negri Junjungan ini. 

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Bengkalis H.Bustami.HY saat  melakukan video conference bersama Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution  serta diikuti oleh seluruh Bupati dan wakil bupati serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten/kota se-Provinsi Riau pada bertempat di ruang Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, senin (30/03/20).

Menurut Bustami, Pemerintah kabupaten Bengkalis  telah melakukan pemesanan terhadap 2.000 unit alat rapid test.

“Sebelumnya kami memang telah memesan alat  rapid test sebanyak 500 unit. Namun ketika kasus corona ini berkembang, saat ini kita telah melakukan memesan sebanyak 2000 unit,” ucap Bustami.

Penyediaan Rapid test ini dilakukan Pemkab Bengkalis dalam upaya penanganan cepat terhadap ODP maupun PDP kasus Covid-19, sehingga penyebaran dapat diminimalisir.

Sementara itu, Gubri juga telah mendistribusikan alat Rapid test ke seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau namun jumlahnya belum diketahui.

Sehingga jika digabungkan, maka jumlah alat repid test di Kabupaten Bengkalis nantinya diperkirakan akan mencapai  sebanyak 2.000 lebih.

Syamsuar menghimbau, alat rapid test yang dimiliki Pemkab Bengkalis nantinya dapat digunakan kepada ODP dan PDP dengan baik.

“Kami menghimbau dari Kabupaten Bengkalis untuk menggunakan rapid test itu nantinya kepada ODP dan PDP mengingat mereka TKI dari Malaysia banyak sekali yang baru masuk, sehingga mengkhawatirkan,” kata Syamsuar.

Rapid test dari Provinsi Riau bakal sampai hari ini, sementara 2.000 pemesanan yang dilakukan Pemkab Bengkalis belum dapat dipastikan.

“Besar sekali manfaat rapid test bagi kami di Kabupaten Bengkalis karena kita maklumi bahwa di Riau, Kabupaten Bengkalis adalah kabupaten terbesar jumlah ODP nya,” lanjut Bustami.

Dalam video converence Pemkab Bengkalis dipimpin langsung oleh Plh.H.Bustami HY, yang didampingi Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto.

Kemudian Dandim 0303 Bengkalis Timmy Prasetyo, Kepala Kejaksanaan Negeri Bengkalis Nanik Kushartanti serta sejumlah gugus tugas covid-19 Kabupaten Bengkalis.

Writed by : Yulianto, S. PdI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *