DPRD Riau Cari Solusi Percepatan Pembangunan Kota di Pesisir Riau Saat Kunjungan Pemko Dumai

PEKANBARU – Kota Dumai yang merupakan kota pelabuhan, industri dan pintu gerbang Indonesia ke negara tetangga terus menggesa pembangunan dalam segala sektor. Karena itu, diperlukan dukungan infrastuktur yang memadai agar Dumai yang menjadi poros kedua Riau itu bisa memberikan pelayanan terbaik.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun sinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau. Seperti yang dilakukan Kamis (5/3/2020), dimana Pemko Dumai melakukan kunjungan ke DPRD Riau untuk membahas upaya-upaya percepatan pembangunan Kota Dumai.

Pada kunjungan yang dipimpin langsung Walikota Dumai, Zulkifli AS itu, Pemko Dumai mengatakan, kota terbesar kedua di Riau itu membutuhkan dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan, air bersih hingga sarana dan prasana rumah sakit, dimana saat ini Rumah Sakit Kota Dumai merupakan salah satu rumah sakit rujukan virus Corona di Riau.

”Bukan saja saat ada virus corona, tapi Rumah Sakit Dumai merupakan rumah sakit rujukan di wilayah Pesisir Riau. Karena itu, perlu dukungan untuk peningkatan sarana dan prasana,” ujar Zulkifli AS dihadapan Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto dan beberapa anggota DPRD lainnya, Almainis, Eddy M Yatim, Sunaryo, Albdul Kosim dan Iwandi yang merupakan anggota DPRD Riau dari daerah pemilihan Dumai, Bengkalis dan Meranti. Selain itu juga hadir anggota dewan lainnya seperti Sukarmis yang berasal dari Dapil Inhu – Kuansing.

Dikatakan, Dumai sebagai sentral pertumbuhan ekonomi Riau Pesisir, merupakan pusat ekonomi yang strategis dalam pertumbuhan ekonomi nasional, dimana peran Dumai sangat tinggi dalam mendukung industri nasional. ”Alhamdulillah, anggota DPRD Riau berusaha mencarikan solusi untuk perkembangan Kota Dumai. Mudah-mudahan ini bisa dibicarakan dengan Pemprov Riau,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto mengatakan, DPRD Riau akan terus mendukung kemajuan Kota Dumai yang merupakan kota strategis untuk pertumbuhan ekonomi Riau dan nasional. Kehadiran tol Pekanbaru – Dumai nantinya akan memperkuat kota itu sebagai kota penting di semenanjung timur Sumatera.

”Kita sangat mendukung sekali perkembangan Kota Dumai. Sebagai kota terbesar kedua di Riau, Dumai memang perlu perhatian khususnya dalam bidang infrastruktur jalan, air bersih dan program-pogram pro rakyat lainnya, termasuk dukungan untuk RSUD Dumai yang merupakan rumah sakit regional di daerah pesisir,” ujar Hardianto.

”Seperti sarana dan prasarana untuk Rumah Sakit Dumai harus terus ditingkatkan karena bagi warga pesisir, kehadiran rumah sakit ini sangat penting. Nanti kita akan bicarakan dukungan Pemprov Riau untuk rumah sakit Dumai, termasuk mengenai infrastruktur,” tambahnya.

Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga membahas tentang rencana pengaktifan Roro Dumai – Malaka yang akan menambah bergeliatnya perekenomian Dumai dan terkhusus Riau. Hanya saja, karena masalah roro merupakan kewenangan pemerintah pusat, pengaktifan roro Dumai – Malaka ini akan dibahas dengan pemerintah pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *