Hadapi UN, Siswa SMP Negeri Gelar Simulasi

Kasek SMP Negeri 1 jorlang Hataran Anthoni MH Sitorus saat memantau simulasi UN

Siasatnusantara.com – Simalungun || Dalam rangka menghadapi Ujian Nasional ( UN) yang akan berlangsung pada April mendatang, pihak sekolah SMP Negeri di kabupaten Simalungun melaksanakan simulasi.

Hal itu sesuai dengan amatan SN di beberapa sekokah, seperti SMP Negeri 1 Jorlang Hataran, SMP Negeri 1 Hatonduhan kabupaten Simalungun.

Simulasi yang dilaksanakan pihak sekolah bertujuan untuk mempersiapkan Siswa/Siswi yang sudah duduk dibangku kelas 9 (Sembilan) untuk menghadapi UNBK.

Mengingat bahwa sistem ujian yang dilaksanakan selama ini masih sistem yang lama yakni Sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” ungkap para Kepala Sekolah (Kasek) saat ditemui dikantornya.

Kasek SMP Negeri 1 Jorlang Hataran, Anthoni MH Sitorus, S.Pd mengatakan bahwa pada Tahun 2020, sistem ujian dilaksanakan dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Karena itu, sambung Anthoni, Simulasi sangat perlu dilakukan, dengan tujuan melatih dan mempersiapkan para siswa agar mampu dan lulus menghadapi ujian dengan menggunakan komputer.

Dikatakannya, jumlah siswa yang mengikuti Simulasi sebanyak 226 siswa. Sementara jadwal simulasi yang digelar selama 3 (tiga)hari dengan tiga ruangan lab SMP Negeri 1 Jorlang Hataran.

Sementara Siswa SMP Negeri 1 Hatonduhan melaksanakan Simulasi di SMP Swasta Yayasan Nusantara Kecamatan Tanah Jawa dengan jumlah peserta simulasi sebanyak 140 siswa.

Hal itu terjadi akibat dari minimnya fasilitas di SMP Negeri1Hatonduhan,” ungkap Tiarlin Simamora, M.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 1Hatonduhan.

Tiarlin menerangkan bahwa SMP Negeri 1 Hatonduhan baru kali ini menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer. “Kegiatan ini memang masih perdana, meski untuk tahun yang akan datang sistem UNBK telah ditiadakan. Oleh karena itu demi tercapainya tingkat kelulusan siswa yang maksimal maka harus dilakukan persiapan yang matang,” ujarnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *