Himbauan ke Masyarakat Siaga Corona, Gubernur Telekonferensi dengan Bupati Rohul

Sekda Rohul dan para Kepala OPD saat menerima arahan terkait pencegahan Virus dari Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si dan Wakil Gubernur Riau H. Edi Natara Nasution beserta Sekda Provinsi Riau, Asisten dan Kepala Dinas Provinsi Riau, melalui telekonferensi

Siasatnusantara.com, ROKAN HULU – Dalam rangka mengatisipasi wabah virus covid 19 Corona tidak ada di Provinsi Riau dan kesiapan langkah-langkah yang di laksanakan tindak lanjut dari rapat Gubernur Riau dengan Bupati/walikota serta beberapa Dinas terkait di Pekanbaru,selasa (17/03/20).

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si dan Wakil Gubernur Riau H. Edi Natara Nasution beserta Sekda Provinsi Riau, Asisten dan Kepala Dinas Provinsi Riau, melaksanakan telekonferensi dengan Bupati/wali kota se Riau,Rabu (18/03/20).

Termasuk kepada Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, yang diwakili Sekretaris Daerah H Abdul Haris, S.Sos. M. Si di dampingi Asiten II Setda Rohul M. Ruslan, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kadis Kominfo serta Kepala RSUD Rokan Hulu, bertempat di Kantor Kominfo, komplek Pemda setempat.

Bupati Rokan Hulu di wakili Sekda Rohul Abdul Haris, karena Bupati H. Sukiman memimpin pelaksanaan Musrenbang Kabupaten pada waktu yang bersamaan.

Ketika dimintai keterangan oleh Gubernur Riau, Sekda menjelaskan langkah langkah dan persiapan Pemda Rokan Hulu dalam mengantisipasi corona di Rokan Hulu, antara lain telah membentuk Satgas Corona, pemberian informasi kepada masyarakat melalui media center di Diskominfo untuk di sebar luas kan ke berbagai media yang ada.

Selain itu Sekda menjelaskan bahwa Rokan Hulu mengalami kekurangan dan kesulitan pada kelengkapan peralatan yang di butuhkan.

“Jika ada terjadi gejala dan tanda masyarakat terinveksi Corona,
secara medis masyarakat dapat menghubungi nomor 119 juga langsung menyampaikan kepada Pemerintah Desa masing-masing secepatnya,” kata Sekda Rohul menjawab telekonferensi Bapak Gubernur Riau.

“Berkaitan dengan potensi kunjungan wisata yang berasal dari negeri tetangga dan masyarakat lain, Pemkab Rokan Hulu telah menyiapkan antisipasi melalui petugas yang ada,” Jelas Sekda Abdul Haris mewakili Bupati Sukiman.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Riau menyambut baik kesiapan Pemkab Rokan Hulu, namun beliau memberikan perintah untuk Satgas yang ada sesuai Kepres No 7 tahun 2020 di Ketuai oleh Bupati dan Forkopimda serta dilengkapi dengan pengurus lainnya.

Mantan Bupati Siak 2 periode tersebut juga mengingatkan agar Kabupaten Rokan Hulu mengantisipasi masyarakat,baik yang mau ke luar negeri maupun dari luar negeri masuk ke kabupaten/kota yang ada.

Diberikan mereka pelayanan yang terbaik, jika diantaranya ada yang terinveksi, langsung ditangani dengan serius dengan berkoordinasi dengan petugas medis yang di RSUD masing-masing Kabupaten, Kota di Riau.

Dengan tegas Gubernur Riau menambahkan, persoalan Corona bukan persoalan kecil, sehingga perlu ditangani dan antisipasi bersama. “Semoga kita semua di jauhi virus ini dan mari terus kita berdoa agar corona ini tidak menyebar di Riau,” kata Gubernur Riau mengakhiri.

Usai telekonfrense, Sekda Rohul Langsung melaksnakan siaran langsung dari Studi Radio Swara Lima Luhak milik Pemda Rokan Hulu dan berpesan kepada masyarakat untuk menjaga diri, keluarga dan masyarakat semua.

“Mari kita jaga kesehatan, hindari tempat kumpul yang melibatkan masa dan laksanakan kebersihan lingkungan sekitar,” imbaunya.

Sekda juga mengingatkan seluruh orang tua anak sekolah yang sudah diliburkan, untuk benar-benar menjaga mereka tidak beraktivitas bermain di luar rumah untuk mengantisipasi virus Corona ini.

“Kepada anak anak yang tidak ke sekolah, bukan berarti libur dan bermain main, melainkan dialihkan pembelajaran nya dari dalam kelas ke rumah nya masing maaing, dalam rangka antisipasi Corona di daerah kita,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *