Jumlah PDP bertambah, Puskesmas Meskom Siap Jadi Tempat Rawat Inap

Siasatnusantara.com,BENGKALIS – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terus bertambah. Hingga pukul 20.00 WIB kemarin, jumlahnya 1.796 orang.

Sementara hari ini, Sabtu, 28 Maret 2020, tidak kurang dari 100 warga Kecamatan Bengkalis dan Bantan yang bekerja di negara terjangkit Malaysia kembali ke kampung halamannya.

Warga kedua kecamatan itu yang otomatis terkategori ODP Covid 19 kembali melalui pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Bengkalis.

Meskipun tentu tak diharapkan, peningkatan ODP ini bisa menyebabkan adanya peningkatan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Jika PDP nantinya bertambah, sementara ruang isolasi yang ada di RSUD Bengkalis sudah penuh semua, tentu diperlukan tambahan ruangan.

Mengantisipasi kemungkinan itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menyiapkan gedung Puskesmas Meskom yang saat ini belum difungsikan, akan dijadikan ruang isolasi.

Bersama Kadis Kesehatan Ersan Saputra TH, sejumlah anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Kecamatan Bengkalis Rafly Kurniawan dan Kepala Desa Meskom Usman, Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Bengkalis meninjau gedung Puskesmas Meskom tersebut.

Didampingi Ersan, H Bustami HY menjelaskan gedung Puskesmas Meskom yang dibangun dengan Dana Alokasi Khusus itu, mampu menampung PDP antara 15-20 orang.

“Minimal 15 orang. Tapi untuk sementara kita persiapkan dahulu untuk 8 ruang isolasi. Alhamdulilla, gedungnya cukup representatif. Kita sudah tugaskan Kadis Kesehatan dan pihak RSUD Bengkalis untuk mempersiapkannya dalam kesempatan pertama,” ujar H Bustami HY sebelum beranjak meninggalkan lokasi peninjauan, sekitar pukul 17.30 WIB petang tadi.

Kepada Kades Meskom Usman, H Bustami HY dapat mensosialisasikan dengan baik dan benar, sehingga masyarakat mengerti dan paham secara baik dan benar pula.

Adapun pejabat di Pemkab Bengkalis yang juga anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bengkalis yang ikut H Bustami HY melakukan peninjauan, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj.Umi Kalsum.

Kemudian, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi, Kalaksa BPBD H Tajul Mudarris, Kaban Kesbangpol Hermanto Baran, dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.

Selain Ersan yang juga Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur, sejumlah pejabat dan tenaga medis dari RSUD Bengkalis juga ikut mendampingi Plh. Bupati Bengkalis melakukan peninjauan ke gedung Puskesmas Meskom.

Diantaranya, Wakil Direktur Pelayanan Hj Rita Puspita, dan dr. Agnes Maya Wono Agung. ***07772

Penulis by : Yulianto S.PdI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *