Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu S.I.K,.M.S.I. Konferensi Pers Terkait Kasus Pencurian dan Kekerasan

Siasatnusantara.com – Simalungun || Polres Simalungun jajaran Polda sumut, berhasil menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan yang kerap beraksi Pada hari minggu (17/2/2019) sekitar pukul 15.00. Di wilayah Tanah lapang kel.Serbelawan kec. Dolok batu nagar kabupaten simalungun.

Setelah terungkapnya kasus tersebut, Kapolres simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu S.I.K,.M.Si, didampingi  Kasatreskrim nya Kompol Muhammad Agustiawan, ST., S.I.K. langsung melakukan konferensi pers, Di Aspol Pem.Siantar. Kamis,(05/03/2020)

Dalam Pemaparannya, Pelaku bernama Suparjo alias PJ (53) warga huta bah joga utara nagori kecamatan jawa maraja bah jambi kabupaten simalungun. Sedangkan N dan 2 orang lainnya masih dalam pencarian dan status sebagai DPO, A alias N sebagai penadah juga masih dalam pencarian statusnya ditetapkan sebagai DPO.

Penangkapan tersebut bersumber atas adanya Dua unit laporan polisi No.Pol. Lp/27/II/2020/SU/Simal tertanggal (23/02/2020) dan Laporan Polisi No. Pol: LP/28/II/2020/Simal Sek Jawa tertanggal (24/02/2020)

Satuan Reserse Kriminal langsung melakukan penelusuran sehingga mendapatkan informasi bahwa
pelaku tersebut adalah Suparjo (53) dan diketahui dari informan kepolisian, dimana pelaku sedang melintas di wilayah pulo raja kab. asahan mengendarai kendaraan jenis L300 warna hitam tanpa plat nomor polisi.

Dari informasi tersebut Satuan Reserse Kriminal polres simalungun, langsung menuju lokasi dan melakukan pengembangan dan diketahui jika yang melintas tersebut benar unit yang telah hilang dan di curi oleh Suparno.

Karena kecurigaan terhadap unit L300 warna hitam tersebut, pihak jatanras Polres simalungun melakukan penyelidikan dan interogasi ke rumah Suparno. Dari hasil interogasi tersebut pelaku mengakui telah melakukan pencurian satu unit mobil L300 warna hitam BK 8098 TO yang bermuatan 1 ekor lembu dan dalam melakukan pencurian tersebut dibantu rekannya berinisial N dan dua orang lagi yang tidak dikenalnya.

Terkait kendaraan yang dipakainya beserta satu ekor lembu yang dicurinya suparjo mengakui telah menjualnya kepada pedagang keliling di daerah pulo raja kab. Asahan sedangkan kendaraannya BK 8098 TO warna hitam dijual kepada seorang laki laki yang tidak dikenalnya.

Namun dari hasil interogasi selanjutnya, tim jahtanras Polres simalungun membawa pelaku dan melakukan pengembangan untuk mencari penadah tersebut selama 3 hari lamanya dimana menurut pelaku keberadaannya di wilayah Desa aek korsik kec.Aek lido kab.Asahan namun dianya tidak berada ditempat.

Tersangka Suparjo alias PJ ternyata sudah dua kali melakukan pencurian di wilayah hukum Polres simalungun yaitu

1.Dengan pencurian satu unit mobil L300 BK 8098 TO yang bermuatan satu ekor lembu yang terjadi tanggal 23 februari 2020 di serbelawan kecamatan Dolok Batu nanggar Kab.Simalungun
2.Pencurian satu unit sepeda motor yamaha Jupiter Mx dengan nomor polisi BM 4272 ZI warna hijau terjadi tanggal 27 januari 2020 di huta IV nabolak baru nagori buntu turunan kec.Hatonduhan Kab. Simalungun

Dari tangan tersangka, Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah kunci kombinasi berbentuk L dengan ukuran 8mm, satu lembar STNK asli atas nama Nasrifah beserta 1 buah buku berkala kendaraan bermotor BK 8098 TO atas nama Nasrifah, beserta 1 unit yamaha Jupiter MX tanpa nopol warna hitam yang sebelumnya dicurinya bersama A, K dan G

Pelaku saat ini sudah diamankan untuk pengembangan kasus tersebut. Sedangkan polisi masih melakukan pengejaran terhadap rekan pelaku inisial N dikenakan pasal 480 KUHP tentang pertolongan jahat/Penadahan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Sedangkan rekan lainnya A dan K juga dikenakan pasal 363 ayat 1 ke 4e tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dalam perkara.

Terhadap tersangka Suparjo alias Pj dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke 4e dan 5e jo 65 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *