Mampu Produksi Kuliner Hingga Produk Teknologi Tepat Guna, UMKM Semakin Berkembang dan Variatif

Siasatnusantara.com, Siak — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfefri menyebut Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Siak kian berkembang dan semakin kreatif.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau salah satu stan bazar Pemerintah Kampung bersempena helat MTQ Tingkat Kecamatan Dayun, Jum’at (6/3/20) petang.

“Menurut kami, produk makanan yang ditampilkan sudah sangat layak jual ke supermarket. Namun sebaiknya diimbangi dengan sertifikasi label halal, kemasan yang menarik, dan lampiran informasi dari tanggal produksi dan masa berlaku produk tersebut,”kata Rasidah.

Selain dari produk makanan, peserta bazar dalam kesempatan itu juga menampilkan ragam hasil olahan tanaman obat keluarga, serta hasil perkebunan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kerajinan anyaman, dan lain sebagainya.

Istri Bupati Siak itu juga sempat tertarik melihat salah satu produk hasil anyaman yang dipamerkan, ia bahkan mencoba memakai topi petani sambil memperagakan bagaimana petani dari kampung yang sedang memegang bakul berisi sayur mayor.

“Sudah cocok nggak kira-kira saya jadi petani ya?” canda Rasidah kepada pengunjung lain yang ikut serta dalam peninjauan, diantaranya Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Dayun, serta para Penghulu beserta istri.

Sementara di stand yang lain seperti stand Kampung Dayun juga menyuguhkan aneka olahan makanan dan minuman yang terbuat dari buah semangka. Menariknya, kulit buah semangka tersebut dijadikan manisan oleh warga kampung.

“Ini semua adalah kreatifitas dari warga, yang berhasil membudidayakan buah semangka sebagai produk unggulan lokal berikut produk turunannya seperti jelly semangka,” jelas Penghulu Kampung Dayun Nasya Nugrik.

Tak hanya kuliner, pada stan tersebut juga dipajang produk teknologi tepat guna berupa tong sampah komposter, yakni tong sampah pengolah limbah rumah tangga yang bisa dijadikan pupuk,”lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *