Z’ Yang Diduga Corona, Belum Bisa Dipastikan Corona

Siasatnusantara.com – Sidimpuan || Seorang  wanita warga Kota Padangsidimpuan berinisial Z (36) Selasa (3/3/2020) pukul 17.00 WIB, mendadak di rujuk ke RSUP H.Adam Malik Medan.

Dimana sebelumnya Z sempat menajalani pengobatan di Klinik terdekat karena mengalami batuk, demam dan dada terasa sakit. Informasi yang diperoleh SN pada Selasa 3/3/20 Oleh dokter klinik, Z dirujuk ke RSUD Kota Padangsidimpuan, yang kemudian dirujuk ke RSUP H.Adam Malik Medan, sebagaimana diinformasikan Kadinkes Kota Padangsidimpuan.

Z dirujuk untuk menjalani pemeriksaan yang lebih spesifik, karena diduga terinfeksi virus corona setelah pulang melakukan perjalanan dari Luar Negeri yakni Singapura dan Batam pada Januari silam 2020. Bila dilihat dari standar suspect hanya 14 hari, setelah itu tidak bisa dikatakan suspect,” jelas Sopian Sobri Lubis Kadinkes Padangsidimpuan.

Karena tidak ada perubahan, selanjutnya Z menjalani perawatan di RSUD Kota Padangsidimpuan. “Hasil rekam medis terus kita laporkan ke Dinas Kesehatan Sumatera Utara dan atas saran Dinkes Sumut, maka yang bersangkutan dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan.

4/3/2020 SN via Telp Seluler Mengonfirmasi Ke Pihak RSUD Padangsidimpuan terkait info Corona yang berkembang di Masyarakat ”Memang benar ada pasien berinisial Z dan sudah dilakukan pemeriksaan medis namun belum bisa dipastikan jika Z terkena Corona, makanya kita tunggu hasil medis dari RSUP. H. Adam Malik Medan” Ujar Dirut RSUD Hj.Tetty.

Maraknya Corono dalam beberapa bulan ini, menimbulkan momok menakutkan bagi kehidupan manusia diberbagai Negara bahkan di Indonesia sudah mendapatkan perhatian dan langkah- langkah khusus dari Pemerintahan, maka seogiyanya dalam memberikan pemberitaan hendaknya menciptakan ketenangan di tengah masyarakat, mengedukasi, dan tidak menciptakan kepanikan.

Pasal 17 huruf h UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik juga melarang identitas dan riwayat kesehatan seseorang dibuka ke publik tanpa seizin yang bersangkutan. Pasal 17 huruf h berbunyi: “Informasi Publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada Pemohon Informasi Publik dapat mengungkap rahasia pribadi, yaitu: 1. riwayat dan kondisi anggota keluarga; 2. riwayat, kondisi dan perawatan, pengobatan kesehatan fisik, dan psikis seseorang.(Bowo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *