Pemko Binjai Siapkan 600 Ton Beras Untuk Warga

Siasatnusantara.com – Binjai || Pemko Binjai telah menyiapkan bantuan 600 ton beras demi menjamin kebutuhan pangan bagi masyarakat ekonomi lemah, selama masa tanggap daurat bencana nasional Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Hal inilah yang diungkap Walikota Binjai, H Muhammad Idaham SH MSi, kepada awak media, di kantor Wali Kota Binjai Jalan Jendral Sudirman, Kartini Binjai Kota, Selasa (7/4/2020)

“Untuk bantuan beras, Pemko Binjai sudah siapkan 600 ton,” ujarnya.

Menurut Idaham, sejauh ini Pemerintah Kota Binjai bersama Polres Binjai dan Kodim 0203/Langkat, masih melakukan pendataan seluruh masyarakat ekonomi lemah di Kota Binjai yang dianggap layak menerima bantuan beras.

Tidak hanya beras, diakuinya, Pemerintah Kota Binjai juga sudah menyiapkan bantuan bahan pangan lainnya, meliputi 30.000 kotak mie instan, 30 ton gula pasir, 30.000 liter minyak goreng, dan 30 ton garam.

Dalam hal ini, setiap keluarga akan mendapatkan bantuan 20 kilogram beras, satu kotak mie instan, 2 liter minyak gorang, 2 kilogram gula pasir, dan 500 gram garam, untuk kebutuhan konsumsi selama tiga pekan.

“Nantinya seluruh bantuan tersebut akan diantarkan langsung ke rumah masing-masing warga. Namun kita belum dapat umumkan kapan bantuan tadi akan disalurkan, karena proses pendataannya masih berjalan,” ujar Idaham.

Di sisi lain, dia juga mengharapkan para dermawan dan seluruh pihak yang berniat menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat ekonomi lemah melalui Pemerintah Kota Binjai, agar menunda sementara waktu proses pendistribusiannya.

Sebab jika bantuan beras dari para dermawan dan Pemerintah Kota Binjai disalurkan bersamaan, dikhawatirkan akan terjadi penumpukan. Sehingga bantuan beras yang seharusnya dapat segera diterima masyarakat, justru menjadi terhambat.

“Pada persoalan ini, bukan berarti Pemko Binjai menolak bantuan beras. Tapi kami harapkan, penyalurannya ditunda dulu. Jika ada kekurangan atau tenggang waktunya lewat, silahkan bantuan beras tadi disalurkan,” jelas Idaham. (Sp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *