Mulai 8 Mei 2020,Rp 39.421.180.950 Bantuan Langsung Tunai Desa Bengkalis Akan Disalurkan

Ilustrasi Bantuan

Siasatnusantara.com, Bengkalis – Aparat pemerintah desa di Kabupaten Bengkalis sudah selesai melakukan pendataan dan verifikasi data penerima Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTD), adapun sumber anggaran berasal dari refucosing atau realokasi dana desa untuk pencegahan Covid-19.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Abdul Aris kepala desa Suka Damai Kecamatan Rupat Utara kepada mediaI pada Rabu (06/05/2020), 108 warganya akan menerima bantuan langsung tunai desa, berdasarkan pendataan dan verifikasi yang dilakukan secara berjenjang.

“Dalam melakukan pendataan Kita libatkan RT dan RW kemudian musyawarah dusun dan musyawarah desa dan BPD alhamdulillah sudah kita laksanakan  dan telah disampaikan validasi data hasil dari desa diteruskan ketingkat kecamatan,”kata Abdul Aris.

Hal senada juga diungkapkan oleh kepala desa Pematang Duku kecamatan Bengkalis Badrun, pihaknya telah selesai melakukan verifikasi sejak Senin lalu melalui sejumlah tahapan dengan finalisasi pada musyawarah desa. Data yang sudah divalidasi oleh pemerintah desa selanjutnya akan diserahkan ketingkat kecamatan.

“Pada acara musyawarah desa tersebut melakukan validasi data yang valid dari 315 orang kita rampingkan menjadi 176 orang,”jelas Badrun.

Ditempat terpisah, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Bengkalis Yuhelmi, pada Rabu (06/05/2020) membenarkan, pemerintah desa di Bengkalis sudah melakukan proses recofusing dan relokasi dana desa untuk BLTD secara berjenjang. Masing-masing desa mengalokasikan anggaran untuk BLTD sesuai dengan ketetentuan yang berlaku.

“Jumlah anggaran yang dialokasikan deh i kabupaten Bengkalis ini sebesar Rp.39.421.180.950 (Tiga puluh sembilan milyar empat ratus dua puluh satu juta seratus delapan puluh ribu sembilan ratus lima puluh Rupiah)  yang akan dialokasikan untuk BLTD kita. Dalam waktu dekat Insyaa Allah pada hari Jumat desa kita di Desa Pangkalan Jambi akan menyalurkan kepada yang berhak menerima BLTD, dan akan dilakukan secara simbolis di desa Pangkalaan Jambi nantinya,”Kata Yuhelmi.

Yuhelmi minta jajaran pemerintah desa untuk tetap mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku dalam melakukan recofusing atau realokasi dana desa serta pengalokasiannya untuk keperluan pencegahan Covid-19.

Data terakhir hingga pagi tadi (Rabu/ 06/ Mei/ 2020), 125 desa di Bengkalis atau mencapai  92 persen sudah selesai melakukan pendataan penerima Bantuan Langsung Tunai Desa. ***7707/yl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *