Pemerintah Desa Bekerjasama Dengan Badan Pertanahan Nasional Agar Masyarakat Kecamatan Rambah Samo memiliki sertifikat Tanah sendiri

Siasatnusantara.com, Rokan Hulu – Berkat kerja sama pemerintah Desa (Pemdes) di Kecamatan Rambah samo bersama pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hulu (Rohul), kini warga desa di kecamatan rambah samo sudah memiliki sertifikat tanah melalui program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), Kamis (18/06/20).

Penyerahan Sertikat Tora di serahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Rohul (Sekda) H. Abdul Haris, yang di dampingi oleh Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Rohul Hj. Neti Herawati.

Adapun Sertifikat yang di serahkan untuk Desa Rambah Utama Sebanyak 160 Persil sertifikat, untuk Desa Masda Makmur sebanyak 19 persil sertifikat, Desa Pasir Makmur sebanyak 182 Persil, dan Desa Marga Mulya sebanyak 260 persil, Kecamatan Rambah Samo semua sertifikat di serahkan secara simbolis oleh sekda Rohul.

Kelapa Desa Pasir Makmur Selamat Riadi berharap untuk masyarakat sebagai penerima program Tora agar bisa memanfaatkan sertifikat yang telah diperoleh dengan sebaik – baik mungkin.

“Saya berharap kepada masyarakat yang sudah memperoleh sertifikat agar bisa memanfaatkan sebaik – baik mungkin, karena apabila tidak ada surat – surat ataupun sertifikat kepemilikan yang sah ini akan rawan sengketa, dan berpesan agar kedepannya warga desa sudah 100 % bersertifikat,” harapnya.

Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan bahwa untuk warga desa yang belum diserahkan sertifikatnya kemungkinan besar terdapat hambatan penerbitan sertifakat.

“Untuk warga desa yang belum diserahkan serifikat tanah miliknya kemungkinan besar tanah tersebut terhambat karena ada beberapa hal, yakni penerbitan sertifikat harus sesuai dengan program editor dan juga pendaftaran tanah sistematis lengkap atau masih dalam proses pendaftaran untuk pertama kali PTSL, kemungkinan adanya tanah warga dibeberapa kawasan ataupun bidang tanah ada didalam kawasan hutan produksi, dalam kawasan hutan rakyat, ataupun tumpang tindih,”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *