Proyek TU PTPN 4 Dolok Ilir Di Kerjakan Asal Jadi

Siasatnusantara.com – Simalungun II Proyek Tanaman Ulang di PTPN 4 Distrik 2 kebun unit Dolok ilir, tepatnya di afd 4 dan 5 dengan pagu dana milyaran rupiah disinyalir di kerjakan asal jadi. Sinyalemen ini terungkap ketika Siasat Nusantara melakukan investigasi ke lokasi TU. Jumat (5/4) sekira jam 11.00 Wib.

Pantauan di lapangan, pengerjaan proyek terlihat dalam tahap pengolahan tanah. Namun penyimpangan jelas tampak pada proses Lukuan dan penyipingan. Kedalaman lukuan seyogyanya minimal 25 cm, ini di temukan berkisar antara 12-15 cm saja. Sedangkan penyipingan terlihat terlalu tebal dan di kerjakan asal saja, padahal tebal maksimal seharusnya 10 cm.

Diduga penyimpangan ini terjadi karena kurang tegasnya pihak perkebunan melakukan pengawasan terhadap kontraktor CV MITRA SARANA yang di pimpin oleh Vincent Wijaya yang mengerjakan proyek TU 146 Ha di Afd 5 dan 100 Ha di afd 4. Penyimpangan serupa juga terjadi pada pekerjaan milik pelaksana proyek yang di sebut Alphen yang mengerjakan 129 Ha di Afd 5.

Salah seorang pemerhati perkebunan sawit yang tidak mau membeberkan namanya mengatakan penyimpangan di proyek TU 2020 di afd 4 dan 5 kebun DOI. Harus di cegah, jangan sampai para jabatan teras di DOI terkesan tidak Kompeten dalam menjalan tugas dan fungsi pokoknya. ” Potensial Kerugian uang negara mencapai milyaran rupiah tidak boleh di biarkan begitu saja” ujarnya.

Sebab, Keberhasilan dalam peningkatan hasil produksi setelah melakukan peremajaan tanaman (replanting) terhadap tanaman yang sudah tidak produktif bergantung mekanisme pengolahan atau penggemburan tanah, penumbangan tanaman dan persiapan penanaman bibit. “Tidak boleh asal asalan pengerjaannya. Akan berpengaruh akan keberhasilan mendatang” katanya.

Dirut utama PTP N 4 Siwi Peni c/q General Menejer Distrik 2 Jimmy LW Silalahi c/q manejer kebun DOI Erwin TS Penggabean c/q asissten afd 5 Rambe ketika di konfirmasi via selular mengatakan tidak tahu sama sekali tentang replanting “Tanya saja dengan pemborongnya”pungkasnya.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *