Miris, Anak Anak di Lokasi Terkonfirmasi Positip Covid -19 Tanpa Memakai Masker

Beberapa anak anak di lokasi terkonfirmasi Covid -19 Rapid Test 4 warga Laguboti Kabupaten Toba tanpa memakai masker/Alat Pelindung Diri.

Siasatnusantara – Laguboti II Sungguh miris, dilokasi tempat terpaparnya 4 orang warga Pintu Bosi Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba terlihat banyak anak anak tanpa alat pelindung diri seperti masker.

Berdasarkan pengamatan wartawan siasat Nusantara di lokasi terpaparnya warga Pintu Bosi Kecamatan Balige,saat petugas BPNB Kabupaten Toba hendak melakukan penyemprotan Disifentan di rumah warga yang diduga terpapar covid -19.

Melihat kehadiran petugas dan awak media, beberapa petugas dari yang diduga dari pihak kesehatan kemudian menyuruh anak anak tersebut untuk memakai masker.

“Hatop hatop pakke hamu masker mu (Cepat cepat, Pakai masker kalian” ucap salah seorang ibu dengan pakaian diduga petugas kesehatan.

Di lokasi terlihat beberapa petugas dari BPPB Kabupaten Toba di bantu oleh Babinsa dari Koramil Laguboti melakukan penyemprotan di lokasi rumah keluarga RMM.

Menurut Bidan Desa Pintu Bosi Herna Siahaan bahwa di lokasi penyemprotan terdapat 19 orang penduduk yang meliputi 9 orang anak anak dan 10 orang dewasa.

Hal ini juga menjadi ke kwatiran beberapa warga yang tidak mau disebutkan namanya, karena kwatir dianggap membuat masalah bagi warga yang terkonfirmasi.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Pintu Bosi yang tidak mau disebut namanya kita sebut saja XX mempertanyakan “kenapa hanya 5 orang saja yang di rapid test sementara mereka di banjar/lokasi ada 19 orang” ujarnya

” Kita sebagai warga jadinya takut kalau nantinya ada yang positip lagi disana sementara belum di tangani medis, kan bisa jadi tambah gawat ini” ujar XX

Menindaklanjuti hal tersebut Wartawan Siasat Nusantara mencoba mengkonfirmasi Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Toba Siti Nuraya Sirait di Puskesmas Tandang Buhit Balige.

Menurut Siti Nuraya Sirait “kami sekarang lagi mendata ia” sambil berlalu masuk ke dalam Puskesmas.

Sebelumnya Sekertaris Dinas Kesehatan Siti Nuraya Sirait bersama Juru bicara GTP ppc-19 Kabupaten Toba Lalo H. Simanjuntak di Posko Gugus -19 Kabupaten Toba, Rabu (8/7/2020) menjelaskan bahwa ada 4 orang warga Pintu Bosi Kecaamatan Laguboti reaktip positi covid 19 rapid test.

Menurut Siti Nuraya Sirait di posko gugus GT PPC Kabupaten Toba kejadian ini bermula dari salah seorang warga Laguboti Desa Pintu Bosi RMM (23) yang bekerja di Kabupaten Batubara melakukan perjalanan ke rumah orang tuanya di Pintu Bosi pada tanggal 18-21 Juni 2020 yang lalu.

“setiba di Batubara RMM (23) mengalami sakit dan kemudian di swab di rumah sakit medan dan hasilnya reaktip positip” ujar Siti

Kemudian kita melakukan tracing (penelusuran) ke keluarga RMM di Desa Pintu Bosi Kecamatan Laguboti dan melakukan rapid test

Lebih lanjuta Siti Nuraya menjelaskan dari 5 orang yang di rapid test, hasilnya lima orang menunjukkan hasil reaktip positip dan satu orang negatip berdasarkan rapid test. (FP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *