Pengusaha Sinar Minang Minta Jaminan Infestasi di Kabupaten Toba

Siasatnusantara.com – Balige || Pengusaha Restoran Sinar Minang Balige Meminta kejelasan infestasi di Kabupaten Toba.

Hal ini disampaikan pemilik Restoran Sinar Minang, Novel pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi B DPRD Kabupaten Toba, Senin (27/72020)

Hal ini karena adanya pengaduan dari sebuah LSM atas keberadaan Rumah Makan Sinar Minang.

Menurut Novel bahwa pihaknya telah melalui semua prosedur yang berlaku, mulai dari mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan), Musyawarah dengan Kepala Desa Sibalahotang SAS (Sibsas) dan juga warga Sibsas.

“semua kita sudah lakukan, IMB kita ada dan IMB kita pasang selama pembangunan selama enam bulan, dan selama ini tidak ada yang keberatan ” ujar Novel di dalam rapat.

Hal senada juga diutarakan oleh Desima Gultom dari HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) yang ikut dalam rapat pembahasan tersebut di gedung DPRD Kabupaten Toba jalan Sutomo Balige.

Menurut Desi,Pemerintah Kabupaten Toba perlu memberi jaminan infestasi bagi para investor yang akan berinfestasi di Kabupaten Toba.

“kalau seperti ini, nanti ini bisa menjadi kekwatiran bagi para infestor yang akan menanamkan investasinya di Kabupaten kita ini ” ujar Desi.

Desima Gultom juga berharap agar hal seperti ini tidak terulang kembali, sehingga kemajuan pariwisata di Kabupaten Toba bisa terwujud karena kita butuh infestor demi percepatan kemajuan pariwisata.

Menaggapi hal ini Tonni M. Simanjuntak memberikan tanggapan bahwa DPRD Toba akan segera memanggil pihak terkait untuk mengadakan rapat dan untuk mencari formula agar hal seperti ini tidak terjadi lagi.

“kita akan undang pihak pihak terkait dan dinas dinas terkait agar persoalan ini bisa kita selesaikan,demi kepastian infestasi di Kabupaten kita ini” sebut Tonni M. Simanjuntak.

RDP ini dipimpin oleh ketua Tonni M. Simanjuntak beserta anggota Richard Lubis, Robinson Sibarani dan Torang Sitorus.

Dan juga dihadiri Dinas PUPR, Perkim, Dinas Perijinan,Dinas PMD, Camat Balige, Kepala Desa Sibalahotang SAS dan mewakili masyarakat Sipsas dan Novel dari pihak Restoran Sinar Minang.

Tonni M. Simanjuntak berharap agar permasalahan ini bisa diselesaikan dengan baik dengan duduk bersama antara pihak pihak yang berkepentingan.

Hal senada juga disampaikan oleh Robinson Sibarani agar semua pihak bisa duduk bersama demi kemajuan Desa Sibsas dan bisa menjadi contoh di Kabupaten Toba.

Menanggapi hal ini pemilik Restoran Sinar Minang Novel, menyatakan bahwa pihak sinar minang tetap ingin bekerjasama dengan masyarakat Sibsas dengan membeli hasil bumi masyarakat untuk kebutuhan restoran dengan standart kebutuhan yang berlaku.

Lebih lanjut Novel menjelaskan bahwa pihak Sinar Minang telah memberikan kontribusi ke Pemkab Toba berupa Pajak Restoran sebesar 10 persen setiap tahun.

Turut hadir dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut Kadis PMD Henri Silalahi, Camat Balige Pantun Pardede, dari PUPR Piter Pangaribuan, dari Perkim Reinhard Pasaribu, Kepala Desa Sibsas(FP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *