Sebanyak 1051 Ketua Kelompok Tani (Poktan) di Kab. Samosir Ikuti Sosialisasi Implementasi Kartu Tani

Siasatnusantara.com – Samosir || Sebanyak 1051 Ketua Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Samosir Ikuti Sosialisasi Implementasi Kartu Tani. Sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari dan 4 sesi.

Hari pertama dilaksanakan pada 11 September 2020 dengan sesi pertama (I) terdiri dari Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Palipi, Kecamatan Sitiotio, dan Kecamatan Ronggurnihuta.

Sesi ke dua (II) merupakan kelompok Tani dari Kecamatan Nainggolan, Kecamatan Onanrunggu dan Kecamatan Ronggurnihuta.

Adapaun Hari ke dua (II) berlangsung tanggal 14 September 2020 dengan sesi pertama (I) dari Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Harian, sesi ke dua (II) Para Kelompok Tani dari Kecamatan Simanindo dan Kecamatan Sianjur Mulamula.

Sosialisasi dilaksanakan di Aula Hotel Grand Dainang, Aek Rangat, Pangururan dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian Samosir, Bank BNI Pangururan, dan distributor pupuk bersubsidi.

Menurut narasumber, Kartu Tani berguna untuk transaksi penebusan pupuk bersubsidi melalui mesin EDC di kios/pengecer resmi.

Dan penyaluran bantuan pemerintah untuk petani akan dilakukan melalui Kartu Tani, sehingga subsidi pupuk maupun bantuan pemerintah lainnya tepat sasaran langsung kepada petani.

Menurut pihak Bank BNI, mereka akan menerbitkan Kartu Tani setiap anggota kelompok tani yang sudah divalidasi oleh dinas Pertanian Kabupaten Samosir, dan kartu ini juga dapat mengakses layanan perbankan simpanan dan transaksi/tarik tunai melalui ATM.

Kartu Tani nantinya diharapkan sudah tersalurkan kepada seluruh kelompok tani dan bisa efektif per 1 Januari 2021 (Sahat).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *