Selama Operasi Zebra Seulawah Yang Berlangsung 26 Oktober Hingga 8 Oktober

Siasatnusantara.com – Aceh II Selama operasi Zebra Seulawah yang berlangsung 26 Oktober hingga 8 November 2020, Direktorat Lalu Lintas di Polda Aceh telah menindak 1.875 pelanggaran yang dilakukan masyarakat dalam berkendara di jalan raya.

“Selama operasi Zebra Seulawah selama dua pekan terdapat 1.875 pelanggaran yang berakhir dengan tilang dan sebanyak 1.765 pelanggaran hanya mendapat teguran dari petugas,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono, Senin (9/11).

Ia menyebutkan dari jumlah pelanggaran yang terjadi selama operasi, pelanggaran tertinggi yakni tidak menggunakan helm mencapai 800 perkara, kemudian disusul pengemudi di bawah umur sebanyak 172 perkara.

“Pelanggaran melawan arus ada 140 perkara, melanggar batas kecepatan 4 perkara dan pelanggaran lain sebanyak 339 perkara,” sebut Ery Apriyono.

Sementara, pelanggaran yang dilakukan mobil dan kenderaan khusus berjumlah 420 perkara yang terdiri dari melawan arus ada 12 perkara, menggunakan hp saat berkendara terdapat 6 perkara tidak menggunakan safety belt 169 perkara.

“Untuk pelanggaran pengemudi roda empat yang masih dibawah umur ada lima perkara dan pelanggaran lainnya sebanyak 228 perkara,” kata Ery.

Selama operasi zebra berlangsung, lanjut Ery, Ditlantas Polda Aceh mencatat ada 35 kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang menyebabkan 9 orang meninggal dunia.

“Untuk korban luka berat terdapat 9 orang dan luka ringan sebanyak 48 orang, serta kerugian materil diperkirakan sebanyak 51 juta rupiah,” ujarnya.

Meski operasi zebra Seulawah telah berakhir, kata Ery pihaknya berharap agar masyarakat tetap disiplin dalam berlalu lintas dengan menggunakan helm dan tidak kebut-kebutan di jalan raya yang dapat menimbulkan kecelakaan.

“Personel lalu lintas Polda Aceh tetap melakukan patroli di daerah-daerah yang rawan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *