Penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat bagian dari program (PTSL)

Siasatnusantara.com – Banda Aceh II Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat, dalam kegiatan yang digelar sevara virtual di ruang Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh Senin (9/11/2020). Penyerahan sertifikat tanah adalah bagian dari program Pendaftaran TanahSistematis Lengkap (PTSL) yang digagasoleh Presiden Joko Widodo.

Gubernur meyakini, program ini sangat membantu menyelesaikan permasalahan sengketa lahan yang selama ini terjadi di tengah masyarakat. Karenanya, Pemerintah Aceh mendukung penuh kebijakan Pemerintah Pusat saat mulai memaksimalkan program PTSL secara serentak di seluruh Indonesia sejak 2017. “Kebijakan ini menjawab banyaknya persoalan di bidang tanah dan lahan warga yang belum bersertifikat serta menjawab kekhawatiran warga Indonesia dan Aceh khususnya terhadap keabsahan aset yang dimilikinya,” ujar Gubernur.

Nova mengungkapkan, bahwa bentuk dukungan Pemerintah Aceh pada program PTSL adalah dengan mengalokasikan anggaran melalui Dinas Pertanahan Aceh, untuk mensertifikasi tanah milik masyarakat miskin di Aceh. “Hal ini untuk menjamin setiap keluarga miskin di Aceh yang memiliki tanah pekarangan, mendapatkan legalitas kepemilikan, hingga dapat menjadikannya sebagai objek hak tanggungan sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha,” kata Gubernur.(feri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *