Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu Tinjau Jalan Nasional Sidikalang-Medan Yang Putus Total Akibat Longsor

Siasatnusantara.com – Dairi || Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meninjau jalan nasional Sidikalang-Medan yang terputus total akibat longsor yang terjadi pada Rabu / 06 Januari 2021, sekitar pukul 17.00 wib di Desa Sitinjo II Kecamatan Sitinjo.

Sekitar pukul 19.30 wib, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meninjau lokasi didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Johnny Hutasoit, S. Sos, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi Ir. Sahala Tua Manik, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi Anggara Sinurat, Kepala Desa Sitinjo II Roni Bako serta dari Polres Dairi.

Ditemui dalam peninjauan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan prihatin atas terputusnya jalan nasional yang merupakan salah satu akses penting yang dilalui oleh masyarakat setiap harinya baik itu yang akan menuju Kota Medan ataupun menuju daerah Toba. Ditambahkannya yang menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Dairi saat ini adalah bagaimana upaya untuk melakukan perbaikan terhadap jalan yang terputus serta memastikan tidak ada yang menjadi korban jiwa ataupun kerugian material dalam bencana tersebut.

“Beberapa langkah yang telah dilakukan diantaranya adalah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional untuk segera ditindaklanjuti. Dari informasi yang kami peroleh, tim dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional akan turun besok guna menangani bencana ini. Dinas Perhubungan juga bekerjasama dengan Polres Dairi telah melakukan pengaturan ataupun pengalihan arus lalu lintas, ”jelas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Langkah lainnya yang diinstruksikan Bupati Dairi dan telah dilakukan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi yakni menurunkan alat berat dalam membantu proses perbaikan jalan untuk sementara waktu.

Kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi kejadian dan para pengguna jalan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghimbau agar masyarakat dapat memaklumi kondisi arus lalu lintas yang terganggu akibat bencana ini dan memberikan dukungan kepada tim yang bekerja nantinya sehingga jalan ini bisa kembali dilalui oleh para pengguna jalan.

“Mohon dukungan dari semua masyarakat, posko juga nantinya akan didirikan di lokasi bencana ini, ”ungkap Beliau.

Selanjutnya Kepala BPBD Kabupaten Dairi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan komunikasi dengan PDAM Tirta Nciho guna penjagaan ketersediaan pasokan air minum atau air bersih tidak terganggu kepada masyarakat di sekitar lokasi bencana (Sitinjo, KLK, Beristera dan Simpang 3).

Selain itu, Polres Dairi telah melakukan komunikasi dengan Polres Tanah Karo terkait penyampaian informasi kepada pihak pemakai jalan (khususnya yang memakai truk besar) agar mobil besar yang dari Medan menuju Sidikalang memakai jalur Tiga Binanga memutar ke Tanah Pinem dan Tigalingga sampai ke Sidikalang, begitu juga halnya dengan Polres Pakpak Bharat.

Diakhir kunjungan Bupati Dairi mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Dairi yang selalu siap dalam penjagaan dan pengaturan lalu lintas.(Abed Nego Sirait)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *