Bupati Dairi Menghadiri Sosialisasi Percepatan Penyusunan dan Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2021

Siasatnusantara.com – Dairi || Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri sosialisasi percepatan penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021  Kecamatan Tigalingga dan Gunung Sitember  yang diadakan di Kantor Camat Tigalingga, Senin / 18 Januari 2021.

Sosialisasi percepatan penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021 ini diselenggarakan dengan  menyelaraskan APBDes  dengan program APBD Kabupaten.

Kegiatan sosialisasi ini, turut juga  dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs. Junihardi Siregar, MM, Camat Tigalingga, T.S Tamba, Camat Gunung Sitember Jonathan, Spd, para kepala desa dan aparat desa di Dua kecamatan tersebut.

Dalam arahannya Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjelaskan bahwa ditengah pandemi saat ini kita harus bersatu. Bersatu maksudnya adalah bersatu dalam segi anggaran, mulai dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) hingga dalam hal ini dana desa harus kita maksimalkan.

“Kita perlu konsolidasi” kata Bupati.

Dikatakan, Prioritas dana desa saat ini adalah pemulihan ekonomi desa itu sendiri agar anggaran atau dana desa tersebut berdampak positif dan terarah.

“Setiap desa harus memiliki Badan Usaha Milik desa (Bumdes). Bagi desa yang belum memiliki Bumdes mari menyiapkan diri, dan bagi desa yang sudah memiliki  Bumdes harus direvitalisasi supaya bisa bergerak dan memberi nilai tambah agar Pendapatan Asli Desa bertambah. Bumdes  juga harus jadi jaringan perbankan. Saya sudah minta Bank Sumut dan BRI untuk membantu kita mewujudkan program ini, “jelas Bupati.

Selain itu tambah Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, kedepan setiap desa yang sudah memiliki Bumdes harus menetapkan apa produk unggulan daerahnya.

“Tentukan produk unggulannya dan harus melibatkan sebagian besar masyarakat, “ujarnya.

Dikatakan Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, bahwa saat ini secara nasional Presiden RI Joko Widodo melihat bahwa Indonesia bisa maju dengan digitalisasi.

“Nah, tugas Camat dan Kepala Desa adalah membuat desa digital itu. “tegas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dairi sudah kita siapkan agar berkoordinasi dengan Kementerian untuk menyediakan fasilitas jaringan internet di Bumdes.

“Kedepan itulah yang menjadi dasar  kita menciptakan desa digital itu, “tegas Bupati.

“Akhir februari gaji aparatur harus sudah dibayarkan melalui transaksi non tunai secara rutin setiap bulan dan kerjasama dengan bank secara otomatis akan memotong dan membayarkan iuran bpjs semua aparatur desa termasuk kepala desa untuk memastikan fasilitas bpjs siap setiap saat manakala ada ganguan kesehatan. “tutup Bupati.(Abed Nego Sirait)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *