Pemuda Batak Bersatu Siap Mendukung Kinerja Sandiaga Uno Dalam Mengembangkan Danau Toba Menjadi Lokasi Wisata Berbasis Budaya dan Alam

Siasatnusantara.com || Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. kerap dipanggil Sandiaga Uno dikalangan masyarakat yang juga seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Seorang kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju di Periode 2019–2024 untuk menggantikan Wishnutama yang dilantik pada tanggal 23 Desember 2020.

Sebuah kebanggan besar bagi daerah kawasan Danau Toba Sandiaga Uno langsung berkunjung ke kawasan Geosite Huta Ginjang salah satu desa di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Sandiaga Uno, Menegaskan pembangunan dan pengembangan Danau Toba harus diarahkan pada pariwisata berbasis budaya dan alam. Hal itu menjadi salah satu target prioritas program Kemenparekraf pada 2021.

Untuk pertama kali mengunjungi kawasan Geosite Hutaginjang yang berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut (dpl). Sandi sangat terkesan dengan Danau Toba sehingga wajar jika destinasi itu setiap tahunnya menjadi lokasi event kejuaraan paralayang.

Banyak kearifan lokal dan budaya di sini yang harus kita jaga dan kembangkan, tinggal kita membuat strategi apa yang tepat untuk dikembangkan, seperti calender of event-nya bisa dibuat sport tourism event, dari segi produk seperti ulosnya juga harus diseragamkan dan lainnya, Imbuhnya.

Sandiaga Uno menyatakan fokus 2021 di kawasan Danau Toba, bukan saja infrastruktur, namun juga persiapan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata.

Jangan hanya berfikir infrastruktur. Tapi kesiapan dari segi talenta, SDM, produk Ekraf. Karena, ada 17 subsektor yang harus kita siapkan. Juga eventnya, kita harus siapkan Calendar of Event,” katanya saat berkunjung ke kawasan Danau Toba, Rabu (30/12/2020).

Sandiaga Uno Minta Masyarakat Tak Hanya Pergi Wisata ke Luar Negeri Terus dia meyakini, pariwisata lokal dapat segera bangkit dengan mengedepankan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi di tengah pandemi Covid-19. Hal itu, kata Sandi, bisa dicapai dengan fokus menggalakkan kerja gercep, geber, dan gaspol.

Kita mulai dari salah satu destinasi super prioritas yaitu Toba, saya berharap Toba dijadikan pilihan utama untuk berlibur, jangan keluar negeri terus bro, sultan-sultan,” ujarnya.

Setelah ditinjau apa hasil timbal baliknya ke masyarakat beberapa organisasi yang ada di Sumatera Utara saat di hubungi team siasatnusantara siap mendukung penuh kinerja dari pada Pemerintah salah satunya Organisasi Pemuda Batak Bersatu DPD Sumut yang di Pimpin Martin Siahaan, S.T menyatakan Program Pemerintah yang di Jalankan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di nilai sangat positif karna memiliki tujuan untuk meningkatkan SDM terlebih pada pelaku usaha yang ada.

Martin Siahaan juga menghimbau kepada setiap cabang yang ada di Sumatera Utara baik itu DPC, PAC maupun Ranting untuk ikut bersinergitas dalam mendukung dan bekerja bersama untuk mencapai target dari Pemerintah karna ini kepetingan masa depan kita nantinya.(JCS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *