Setelah Melakukan Kunjungan Ke Kantor Camat Dan Puskesmas, Bupati Dairi Melanjutkan Kunjungan ke SMP N 2 Tiga Lingga

Siasatnusantara.com – Dairi || Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan Kunjungan ke SMP N 2  Tiga Lingga, Senin / 18 Januari 2021.

Kunjungan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas pendidkan kabupaten Dairi Joni. W Purba, Kepala Sekolah SMP N 2 Tiga Lingga Bertha Purba,  Camat Tiga Lingga  T.S. Tamba dan para guru dan tenaga pengajar.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu
memberi kesempatan  tanya jawab kepada para guru dan tenaga pengajar untuk menyampaikan pertanyaan dan masukan kepada Bupati.

Ibu Sermadianta Saragih, yang tampil sebagai penanya pertama menyoroti tentang bagaimana mengatasi pendidikan di daerah terutama di desa Lau Sireme dengan medan yang sangat jauh, ditambah jaringan internet yang terbatas.

Ibu Sermadianta Saragih juga bertanya, ditengah pandemi saat ini apa langkah yang bisa dilakukan pihak sekolah yang juga bisa diterima oleh orangtua siswa.

“Pemerintah menetapkan Sistem belajar daring, akan tetapi kendalanya  saat ini adalah jaringan internet di desa yang terbatas. Kalau siswa, disuruh ke sekolah, pihak sekolah akan mendapat tantangan dari orangtua siswa, karena berbagai regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah, kata Sermadianta Saragih.

Sementara itu Bapak Hutagalung  menyampaikan bahwa ada regulasi pemerintah bahwa ujian nasional juga akan dilaksanakan secara daring.

“Mohon, kalau lah boleh dibangun 1 (satu) ruangan khusus komputer untuk ujian nasional nanti, “kata Hutagalung.

Menanggapi pertanyaan Sermadianta Saragih dan Bapak Hutagalung, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan  bahwa era pendidikan masa lalu harus kita  tinggalkan, Covid-19 mengantarkan ke sistem yang harus banyak berubah.

“Sebagai langkah terbaik saat ini harus ada jaringan internet, kalau tidak, kita akan  tertinggal. Saya minta kepada bapak camat dampingi pemerintah desa untuk mendirikan  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika agar difasilitasi kerjasama BUMDES dengan penyedia internet yang difasilitasi kementerian Kominfo dalam hal ini bakti (Badan Aksesibilitas dan Informasi). Kita harus gotong royong, Dana Desa dan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus kita maksimalkan, “kata Bupati.

“Saya bersyukur SMP N 2 Tiga Lingga sudah memiliki kelas pintar, dengan demikian siswa tidak terpaku pada metode pembelajaran tatap muka, terlebih ditengah pandemi saat ini yang membutuhkan proses belajar dengan Daring.  Sebenarnya skill dan keterampilan harus ditransformasikan melalui tatap muka, tapi saat ini hal tersebut  tidak mungkin dilakukan, “tambah Bupati.

Menanggapi pertanyaan Bapak  Hutagalung, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjelaskan bahwa terkait bangunan khusus ruang komputer, dapat diusulkan ke Kemendikbud tetapi harus sesuai dengan data sekolah yang ada di Dapodik. Namun, kata Bupati bahwa kita juga berkewajiban menyampaikan  hal tersebut agar pemerintah daerah dapat menyampaikannya ke pusat.

Tidak lupa diakhir pertemuan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan terimakasih dan salut  kepada orang tua siswa atas dukunganya pada dunia pendidikan khususnya sekolah SMP N 2 Tiga Lingga.

“Saya salut ada peran masyarakat dalam dunia pendidikan, memang begitulah seharusnya, harus ada kolaborasi. Pesan saya kepada guru, orang tua dan siswa, jangan ada kekerasan ditengah pembelajaran daring ini. Harus tetap ada pendampingan dari guru. Selain itu saya minta penambahan siswa di kelas pintar harus ditambah dan dipacu,  “tutup Bupati.(Abed Nego Sirait)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *