Guna Kembangkan Ekonomi Kreatif, Pemko Pekanbaru Gandeng PCCN

Siasatnusantara.com, Pekanbaru – Dalam Pengembangan ekonomi kreatif Pemerintah Kota Pekanbaru ikut menggandeng Pekanbaru Creative City Network (PCCN).

“Kita kembangkan ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat di masa pandemi covid-19,” terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus usai pengukuhan pengurus PCCN, Kamis (18/2/2021).

Firdaus pun mendorong pengurus PCCN bisa saling bersinergi dalam peningkatan ekonomi kreatif di industri pariwisata. Ia menilai kerjasama yang terpadu menggesa pemulihan sektor ekonomi.

Kota Pekanbaru juga menjadi tujuan
Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE). Adanya PCCN makin memperkuat hal ini.

“Sektor wisata bisa jadi penyumbang pendapatan daerah, maka geliat ekonomi kreatif harus terus dikembangkan,” paparnya.

Pemerintah kota tetap mempersilahkan masyarakat tetap produktif. Cara ini menjadi upaya membuat ekonomi tetap bergeliat di tengah pandemi covid-19.

Apalagi saat ini banyak pelaku ekonomi kreatif bermunculan. Mereka tetap bangkit di tengah masa sulit.

“Pandemi ini bukan halangan dalam pengembangn ekonomi kreatif,” jelasnya.

Ketua PCCN Kota Pekanbaru MS Rahmansyah juga mengaku bahwa PCCN juga butuh dukungan langsung pemerintah kota. PCCN pun menjalin kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru.

Kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman ini juga upaya pengembangan ekosistem ekonomi kreatif.Ia yakin ekonomi kreatif semakin berkembang dengan hadirnya PCCN.

Dirinya menyebut bahwa PCCN memiliki kelembagaan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Mereka membantu pemerintah dalam meningkatkan ekosistem ekonomi kreatif.

Ia tidak menampik bahwa banyak dari pelaku ekonomi kreatif punya masalah pengurusan perizinan. Mereka bisa membantu mendukubt agat pelaku ekonomi kreatif bisa memiliki izin.

Dirinya pun berharap pemerintah kota melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dalam mengurus izin pelaku usaha kreatif.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *