Kegiatan Kerja Lapas Binjai Maksimalkan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat

Siasatnusantara.com – Binjai II Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan rakyatnya, begitu juga dengan mereka yang menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Binjai. Warga binaan masih merdeka untuk mengekspresikan bakatnya. Pembinaan dalam bidang kemandirian dan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilakukan dengan tujuan setelah keluar dari Lapas, mereka dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri, sehingga mereka dapat berguna di tengah-tengah masyarakat. Pembinaan kemandirian yang dilakukan berupa Pelatihan mebel, Pelatihan Pengelasan, dan juga pelatihan laundry. Jum’at (5/3)

Kegiatan Pembinaan Kemandirian tersebut langsung di monitoring oleh Kepala Lapas Kelas IIA Binjai, Maju Amintas Siburian, Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Raymon Andika Girsang, Kepala Subseksi Sarana Kerja, Robinson Siregar, Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja, Supian Natalis, Jajaran Giatja dan Pelatihan ini dibimbing oleh instruktur ahli dari BBPLK Medan.
Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Raymon Andika Girsang dalam keterangannya menyampaikan “sebelum mengikuti pelatihan, instruktur memberi pengarahan tentang keselamatan kerja dan tetap menjaga protokol kesehatan” Jelas Raymon.

“Pelatihan kemandirian ini diikuti oleh 120 orang warga binaan yang mana nanti nya akan ada 6 paket pelatihan setiap paket terdiri dari kurang lebih 20 orang warga binaan Pengawasan Petugas Bimker, peserta pelatihan sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini, kegiatan pembinaan kemandirian ini berjalan dengan lancar, aman, dan tertib” Tutup Raymon.


Pada Pelatihan Keterampilan Bersertifikat ini, Warga Binaan Pemasyarakatan akan di Uji Kemampuan dan Kompetensi yang dimiliki, sehingga Warga Binaan selain memiliki pengetahuan dan keterampilan, output yang dimiliki oleh WBP akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja ( BBPLK ) MEDAN. (gs, foto: ramon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *