Bupati Meninjau Pengerjaan Instalansi Pengolahan Limbah (IPL) Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Di Desa Bintang

Siasatnusantara.com – Dairi || Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan peninjauan Instalansi Pengolahan Limbah (IPL) Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Di Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, pada Kamis / 15 April 2021.

Usai melakukan tinjauan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang didampingi oleh Syahrul Ramadhan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, menjelaskan peninjauan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana progres pekerjaan Instalansi Pengolahan Limbah (IPL) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Bintang.

“Hari ini kita patut bangga, Kabupaten Dairi akan memiliki IPL TPA yang besar. Kita mau melihat progres pengerjaan IPL TPA Desa Bintang. Ini penting untuk memastikan Kabupaten Dairi Ramah Lingkungan, artinya Kabupaten Dairi mengolah limbanya dengan baik. Saat ini progres pengerjaannya sekitar 65%. Dengan pembangunan IPL TPA ini Kabupaten Dairi akan memiliki tempat pembuangan sampah dengan kapasitas besar. “Ucap Bupati.

Perlu diketahui kata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bahwa pembangunan TPA ini dalam pengeporasiannya tidak akan menimbulkan polusi udara bagi masyarakat sekitar.

“Nantinya, pengolahan sampah ini tidak akan menimbulkan bau tak sedap, sehingga tidak akan menimbulkan polusi udara. Diharapkan tahun ini dapat diopersikan. IPL TPA ini diperkirakan akan mampu mengolah sampah masyarakat Kabupaten Dairi selama 15 tahun dengan Volume sampah harian 2-3 ton setiap hari. Harapan kita tahun ini bisa diserahterimakan sehingga segera bisa kita gunakan, “tutup Bupati.

Sementara itu Syahrul Ramadhan menjelaskan pelaksanaan pekerjaan di IPL TPA ini sudah dimulai sejak Agustus 2020 tahun lalu. Nantinya TPA ini akan dilengkapi jembatan timbang, bangunan opersional, ruang laboratorium, bak penampung sampah, bangunan instalansi pengolahan sampah, pos jaga, tempat cuci damtruk dan tempat alat berat.

“Dengan kelengkapan fasilitas dan sarana di TPA ini diharapkan tidak akan menimbulkan polusi bagi masyarakat, karena diolah dengan teknologi modern, “kata Ramadhan.(Abed Nego Sirait)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *