Urusan KJA di Danau Toba Dinilai Lumpuhkan Ekonomi Rakyat

Siasatnusantara.com – Humbang Hasundutan II Saat team mengunjungi lokasi KJA yang ada di sekitaran Kecamatan Baktiraja yang di perkirakan 1000 kotak lebih kerambah ikan yang dimiliki kurang lebih dari 42 KK yang ada di Baktiraja Kab.Humbang Hasundutan, Prov. Sumatera Utara, Senin (26/04/2021).

Kabiro Siasatnusantara Humbang Hasundutan sangat menyayangkan kegiatan Pemerintah yang berjalan saat ini sebab solusi yang diberikan hanyalah ganti rugi yang semata-mata membuat hati masyarakat nyaman namun pada akhirnya masayarakat yang akan kecewa sebab lahan yang mau dijadikan objek untuk mencari nafkah sudah tidak sesuai lagi sebab diantara pemilik KJA tidak memiliki lahan sama sekali hanya bergantung pada KJA yang dipunya.

James P Purba, S.T Selaku Kabiro  Siasatnusantara.com di Humbang Hasundutan mengharapakan kebijakan Pemerintah daerah maupun pusat untuk melaksanakan kebijakan yang lebih akurat terlebih pada pemilik KJA yang tidak memiliki lahan yang untuk di jadikan objek penghasilan nantinya.

Begitu juga dengan Poltak Purba, S.T turut serta menyampaikan pendapatnya selaku salah satu putra terbaik dari Baktiraja bahwa tindakan Pemerintah dalam penertiban KJA dinilai terlalu simpel.

Rencana menzerokan KJA di Baktiraja menurut Poltak Purba sama dengan memiskin masyarakat di sekitar. Kami sangat setuju dgn penataan bahkan pengurangan tetapi perlu kajian dan sosialisai yg intensif. Belum ada perbuatan pemerintah yg kami lihat dalam menjaga danau toba di sekitar Baktiraja, misalnya banyaknya sampah plastik yg datang dari sungai, juga eceng gondok. Belum adanya juga ruang untuk alih usaha atau solusi. Saya berharap pemerintah lebih arif tentang KJA di Baktiraja apalagi menyangkut juga dukungan pasokan ikan untuk kebutuhan masyarakat dan parawisata. Yang juga sangat berpengaruh ke tingkat perbaikan gizi masyarakat.

Sebagian besar warga pinggiran danau toba tidak memiliki lahan atau tanah kosong yang bisa dijadikan areal pertanian./(Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *