Polres Simalungun dan Forkopimda Lakukan Penataan Keramba Jaring Apung Dikawasan Danau Toba

Siasatnusantara.com – Simalungun II Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK, MH bersama Forkopimda menggelar penataan keramba Jaring Apung (KJA) di Kawasan Danau Toba tepatnya di Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Kamis (9/6/2021) pagi sekira pukul 09.00 Wib.

Tampak hadir Forkopimda Simalungun diantaranya, Wakil Bupati H. Zonny Waldi Bahrias S.Sos, MM dan Dandim 0207/ Simalungun Letkol. Inf Roly Souhoka kemudian diikuti AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH, Kabag Ops Kompol suriyanto ST, SH, MH, Kasat Lantas AKP Hendrik F. Aritonang SIK, MH, Kapolsek purba Iptu M. Sinaga, Camat Haranggaol Horison, Asosiasi Penataan KJA, Tokoh Masyarakat, Tokoh-tokoh Pengusaha serta Tokoh Adat yang ada di Kecamatan Haranggaol Horison.

Dalam keterangannya kepada wartawan Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK, MH mengatakan, penertiban KJA dalam rangka mendukung pemerintah untuk mewujudkan Danau Toba menjadi Destinasi Pariwisata Internasional sehingga Danau Toba menjadi Program Prioritas Pemerintah.

“Ada sekitar 1500 KJA di sekitaran Pantai Danau Toba Kecamatan Haranggaol akan di ditata selama bulan Agustus. Untuk dua hari ini sudah berhasil ditertibkan sebanyak 90 kotak KJA, dalam tahap 1 bulan Juni hingga Agustus, dan sebelumnya juga kita sudah melakukan sosialisasi terkait kegiatan penataan keramba ini, kita ajak masyarakat dapat lebih peduli terhadap pemeliharaan kelestarian Danau Toba ini, dan masyarakat cukup antusias untuk melaksanakan himbauan pemerintah dalam penataan keramba jaring apung yang dimiliki oleh masyarakat di daerah Haranggaol ini, namun kita masih butuh proses secara bertahap karena masyarakat juga masih memiliki ikan-ikan didalam KJA yang mereka miliki dan nantinya apabila sudah berhasil dipanen maka keramaba itu tidak dipergunakan kembali oleh mereka” Pungkas AKBP Agus Waluyo mengakhiri (Chaca.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *