Bupati Dairi Menyampaikan Di Pelantikan PABDSI Kabupaten Dairi, Diharapkan Akan Peningkatan Dan Inovasi Setiap Anggota BPD

Siasatnusantara.com – Dairi II Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDSI) Kabupaten Dairi periode 2021-2027 dilantik oleh Ketua PABDSI Sumatera Utara Buyung Tanjung pada Selasa / 06 Juli 2021, di Balai Budaya Sidikalang.

Pelantikan anggota badan permusyawaratan desa tersebut turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Junihardi Siregar serta para Camat.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan tersebut mengatakan anggota BPD merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah serta sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap peraturan desa yang sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu desa. Oleh karena itu, Bupati Dairi berharap kepada setiap anggota BPD agar senantiasa dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan inovasinya untuk menghindari persoalan hubungan disharmonis antara BPD dan pemerintah desa yang sering kali terjadi akibat kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada.

“BPD harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya. BPD harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat, “ucap Bupati Dairi.

Kekuatan BPD itu diutarakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terletak pada kemampuan “check and balances”, BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa serta terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan. Melalui pelantikan ini, Bupati Dairi mengajak seluruh BPD untuk menjadikan sebagai semangat baru dalam upaya membangun kabupaten dairi menuju dairi yang unggul.

Sementara itu, Ketua PABDSI Sumatera Utara dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya PABDSI Kabupaten Dairi. Ia berharap dengan terbentuknya PABDSI Kabupaten Dairi, dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mewujudkan visi dan misi pembangunannya yakni Dairi Unggul.(Abed Nego Sirait)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *